PP Ciracap Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Warga Desa

oleh -
Bakti sosial yang digelar Pemuda Pancasila berupa pembagian air bersih kepada warga yang mengalami kekeringan.

Wartawan Dicky Sopyan

Di tengah kekeringan yang masih melanda kawasan Pajampangan, Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi menyalurkan bantuan air bersih untuk warga yang mengalami krisis air. Pada Jumat (22/11/2019), wilayah yang mendapat giliran penyaluran air bersih dari PP adalah Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap. Warga pun berbondong-bondong mendatangi tempat mobil tangki yang memuat air bersih.

Kegiatan sosial yang digelar keluarga besar PP Kecamatan Ciracap tersebut mendapat apresiasi dari warga. Pada gerakan ini, PP menyediakan dua buah mobil tangki bermuatan air bersih yang berkeliling ke pelosok kampung. Di setiap titik bagi, puluhan warga menunggu tibanya giliran didatangi tangki air sambil membawa berbagai jenis dan ukuran tempat penampungan air. 

“Sejak tiga bulan lalu, kami kesulitan mendapatkan air bersih. Sampai sekarang masih kekurangan air karena di daerah kami belum juga turun hujan,” kata Dedi (50), warga Desa Ciracap yang ikut mengantre di dekat tangki air. Bersama warga yang lainnya, Dedi rela berpanas-panasan menunggu giliran mendapatkan air.

Di paroh kedua musim kemarau, ujar dia, semua sumber air, baik sumur, mata air, dan sungai debitnya menyusut drastis. Selain itu, air yang mengalir di sungai, kondisinya kotor dan keruh.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak yang telah memperhatikan dan memberikan bantuan air bersih kepada warga yaitu ormas Pemuda Pancasila di Ciracap. Selama ini kami mendapatkan air bersih dengan membeli air di dalam galon, harganya mahal,” tutur dia.

Sementara, koordinator kegiatan baksos penyaluran air bersih dari Pemuda Pancasila Ciracap, Ma’mun Muhammad Nawawi yang biasa disapa Kang Rawing menuturkan, dia merasa sedih dan terharu melihat warga yang menunggu dan mengantre sambil membawa jerigen untuk mendapatkan air bersih. 

“Semoga kegiatan kita hari ini yakni Jumat Berkah, Jumat Berbagi bisa menjadi inspirasi pihak-pihak lain untuk turut serta membantu maayarakat dengan memasok air bersih kepada warga yang dilanda krisis air,” ungkap Rawing. (*)

Print Friendly, PDF & Email