Humas Pemkot Ikuti Workshop Media Sosial Tingkat Provinsi

oleh -
Kasubbag Humas Pemkot Sukabumi Ross Pristianasari (tengah) di antara para peserta workshop pengelolaan media sosial yang digelar Biro Humas Keprotokolan Setda Provinsi Jawa Barat.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Kasubbag Humas pada Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Sukabumi, Ross Pristianasari mengikuti workshop pengelolaan media sosial yang digelar Biro Humas Keprotokolan Setda Provinsi Jawa Barat. Pada workshop itu, Ross mendapat charge ilmu pengetahuan seputar media sosial kaitannya dengan tugas kehumasan.

“Peran humas dalam memberikan informasi layanan masyarakat maupun pencapaian pembangunan sangat penting dalam sebuah pemerintahan, baik yang disampaikan melalui media massa maupun media sosial. Dalam rangka meningkatkan peran tersebut, kami mengikuti workshop ini,” kata Ross ketika dihubungi di tempat workshop, Hotel Masone Pine,  Kabupaten Bandung Barat, Kamis (21/11/2019).

Workshop berlangsung selama dua hari sejak Rabu (20/11/2019). Dari kegiatan tersebut, ujar Ross, dirinya mendapatkan wawasan tentang tata cara mengelola media sosial yang baik. Tujuan workshop adalah untuk meningkatkan kapasitas SDM dalam mengelola media sosial guna mendorong pencapaian kinerja pemerintah dan keterbukaan informasi publik kepada masyarakat.

“Sesuai dengan harapan Pak Gubernur, kami harus harus memperbanyak konten positif dan konten humanis pada akun-akun media sosial di daerah,” tuturnya.

Sejauh ini, lanjut Ross, Subbag Humas Pemkot Sukabumi telah menjalankan tupoksinya dalam memberikan akses informasi publik dengan cakupan materi antara lain penerangan umum,  pendidikan, kebijakan,  aktivitas, dan kegiatan di lingkungan pemerintah daerah. 

“Kami telah membuka keran informasi secara terbuka ke masyarakat, baik melalui media sosial maupun penyampaian langsung ke media massa,” tambah dia.

Para peserta memperoleh wawasan baru tentang pengelolaan informasi publik. Berbekal ilmu yang didapatnya dari workshop, para peserta memiliki kemampuan lebih dalam mengelola medsos dan membuat press release untuk mempublikasikan kegiatan di pemda.

Salah satu narasumber dalam workshop pengelola media sosial itu adalah Suhendrik dari Jawa Pos Group. Dia menyampaikan materi seputar teknik dan penulisan rilis berita yang mengandung pesan kebijakan pimpinan atau institusi.

Menurut Suhendrik, saat ini kota/kabupaten menghadapi tantangan indeks literasi yang rendah. Untuk meningkatkan indeks tersebut, salah satu caranya dengan mendorong pembuatan press release. (*)

Print Friendly, PDF & Email