Inovasi Warga Cimahi, Masker Berbahan Dasar Kulit dan Kain Sintetis

oleh -
Asep Iwan menekuni pembuatan masker dan barang-barang kerajinan lainnya di tempat tinggalnya.

Wartawan Usep Mulyana

Masa pandemi Covid-19 mendatangkan hikmah dan berkah bagi Asep Iwan. Warga Kampung Cimahi, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi ini berinovasi dengan membuat masker berbahan dasar kulit dan kain sintetis. Karena unik dan inovatif, masker bikinan  Iwan laku di pasaran, hingga banyak pemesan dari luar daerah.

banner 970x90

Bahan masker buatan Iwan dari kulit dan kain sintetis. Tetapi tetap nyaman ketika digunakan karena memiliki ventilasi pada kedua bagian sisinya yang berbentuk bulat dan berpori-pori. Dia menjamin, pengguna masker berbahan sintetis itu tetap dapat menghirup Oksigen dengan leluasa.

“Masker ini dibuat sedemikian rupa sehingga pemakainya tidak sesak napas. Desainnya memenuhi syarat untuk mencegah penyebaran Covid -19 lewat percikan cairan dan udara,” kata Iwan kepada wartawan, Sabtu (22/8/2020). 

Permintaan akan masker dari waktu ke waktu terus bertambah, ujar dia. Saban hari ada saja pesanan yang mampir ke tempat kerjanya. Rata-rata jumlah pesanan perhari 30 pcs.

“Sering pula ada pesanan dari luar daerah. Para pembeli tertarik dengan corak dan bentuk masker yang saya buat,” jelasnya.

Iwan membeli bahan baku di Cigondewah, Bandung. Bahan tersebut memiliki kekhususan dalam hal corak dan kekuatan. Wajar jika hasil kreativitasnya digemari masyarakat. Makser buatannya merupakan perpaduan keindahan dari corak pada kain dan kulit serta kekuatan bahan sintetis. Sulit dicari bandingnya.

Selain membuat masker, dia juga piawai membuat aksesoris berbahan dasar kulit dan sintetis. Bahkan produksi buatan tangan Asep tidak kalah dengan buatan pabrik yang diproduksi secara massal. Dari tangannya lahir aneka rupa dompet, sandal, gantungan kunci, dan barang-barang lainnya.

“Saya belum bisa membuat barang-barang tersebut dalam jumlah banyak karena keterbatasan modal dan peralatan,” ujar Iwan. (*)

Print Friendly, PDF & Email