SDN 1 Cipeundeuy Selenggarakan Kunjungan Guru ke Rumah Siswa

oleh -
Guru kelas III SDN 1 Cipeundeuy, Ermawar, S.Pd.I. ketika memberikan pelajaran di rumah salah seorang siswa.

Wartawan Dicky Sopyan

Guru-guru di SDN 1 Cipeundeuy di Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan program kunjungan ke rumah para siswa. Program ini sebagai bagian dari KBM (kegiatan belajar mengajar) secara offline bagi para siswa yang belum boleh mengikuti pembelajaran di sekolah akibat wabah Covid-19.

banner 970x90

“Tidak semua siswa memiliki handphone android atau tempat tinggalnya terjangkau oleh sinyal internet untuk mengikuti pelajaran secara daring atau online. Jadi para guru berkunjung ke rumah siswa agar KBM tetap terselenggara,” kata Kepala SDN 1 Cipeundeuy, Asep Supendi, S.Pd., M.M. kepada wartawan, Rabu (22/7/2020). 

Dengan program tersebut, ujar Asep, para guru mendorong para siswa agar tetap mengikuti KBM di rumah selama masa wabah Covid-19. Pelaksanaannya telah dikoordinasikan dengan para orang tua agar berjalan lancar.

“Dalam kunjungan ke rumah siswa, selain menyampaikan pelajaran, para guru juga memberikan pemahaman kepada para orang tua tentang hal-hal yang harus dilakukan para siswa di rumah selama tidak mengikuti pelajaran di sekolah,” ujar Asep.

Kepala SDN 1 Cipeundeuy, Asep Supendi, S.Pd., M.M.   

Para guru pun menyampaikan informasi kepada para orang tua seputar perkembangan penanganan wabah Covid-19 di wilayah Kecamatan Surade. Selain itu, mereka bisa melihat keadaan para siswanya langsung setelah berbulan-bulan lamanya tidak berkumpul di dalam ruang kelas.

“Yang paling penting dari program ini adalah para guru bisa bersilaturahmi dengan keluarga siswa. Jika ada keluarga siswa terkena musibah, para guru bisa memberikan motivasi agar mereka tidak terpuruk dengan keadaan yang dihadapinya,” kata Asep yang juga menjabat Ketua PGRI Kecamatan Surade.

Melalui kunjungan ke rumah siswa, para guru akan mengetahui langsung keadaan sehari-hari para siswanya. Para guru menjadi lebih paham tentang kondisi sosial, ekonomi, dan lingkungan tempat tinggal para siswanya. Setelah memahami keadaan para siswanya, mereka bisa memberikan pelayanan terbaik kepada anak didiknya itu.

Print Friendly, PDF & Email