Pemdes Cijalingan Bagikan Bansos Provinsi Melalui RT

oleh -
Kepala Dusun Kadupugur Desa Cijalingan, Erik (kedua dari kanan) bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat pada pembagian bansos provinsi di rumah Ketua RT 13 RW 04.

Wartawan Aep Saepudin (Kowasi) 

Pembagian bansos dari provinsi tahap II untuk keluarga terdampak wabah Covid-19 di Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi dilakukan secara door to door oleh ketua RT. Dengan sistem pembagian seperti itu, bansos provinsi dapat terdistribusikan dengan lancar dan lebih cepat diterima keluarga penerima manfaat (KPM).

banner 970x90

Pendistribusian bansos tersebut didampingi Bhabinkamtibmas Desa Cijalingan, Brigadir Rinaldi dan Babinsa Serda Jamaludin serta jajaran perangkat desa. Pembagian bansos dilakukan secara serentak pada Rabu (22/7/20).

“Hari ini kami menyalurkan bantuan sosial dari Provinsi Jawa Barat. Dengan dukungan semua kalangan, kami dapat mendistribusikan bansos provinsi kepada penerimanya masing-masing,” kata Kepala Desa Cijalingan, Didin Jamludin ketika ditemui di kantornya Jalan Desa Cijalingan pada hari pembagian bansos provinsi.

Secara proses, pendistribusian bansos itu berjalan lancar, tapi dari segi jumlah ada kekurangan paket. Pada tahap 1, jumlah penerima bansos provinsi itu sebanyak 254 KPM, pada tahap II malah menjadi 203 penerima. Jadi ada kekurangan 51 paket. Pada bansos provinsi itu setiap paket berisi uang tunai Rp150 ribu dan paket makanan senilai Rp350 ribu.  

“Karena memang ada permasalahan data. Berdasarkan hasil pembahasan kemarin dengan perwakikan Dinas Sosial Provinsi Jabar, di Kabupaten Sukabumi terdapat 25 ribu kekurangan paket untuik tahap II. Penyalurannya menyusul di luar 203 orang yang telah menerima paket bansos provinsi tahap II hari ini,” jelas Didin.

Jajaran perangkat desa telah melakukan sosialisasi sebelum pendistribusian bansos provinsi tahap II tersebut. Dia berpesan kepada 51 KPM yang belum menerima bansos provinsi tersebut agar bersabar menunggu datangnya paket bantuan susulan.

Salah seorang penerima Dwi Sujiono warga Kadupugur RT 13 RW 04 Desa Cijalingan mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Jabar juga Pemkab Sukabumi, Kantor Kecamatan Cicantayan, dan Pemdes Cijalingan yang telah memperjuangkan dirinya hingga masuk ke dalam daftar penerima bansos provinsi.

“Di tengah wabah Covid-19, bantuan ini sangat membantu dan meringankan beban hidup kami yang semakin berat,” ujar Dwi. (*)

Print Friendly, PDF & Email