Warga Desa Parungkuda Merasa Nyaman Dipimpin Kades Yunus

oleh -
Yunus Muhadi

Wartawan Joko Samudro (SUROBOYO)

Masyarakat Desa Parungkuda, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi merasa nyaman dan tenteram di bawah kemepimpinan Kepala Desa Yunus Muhadi. Warga menilai, Kades Yunus sukses membangun Desa Parungkuda dan sangat dekat dengan mereka.

banner 970x90

“Pak Kades Yunus merupakan figur pemimpin yang baik dalam bersikap dan bertutur kata kepada siapa pun. Beliau selalu menyempatkan untuk hadir kalau diundang oleh warga pada acara-acara masyarakat maupun acara pribadi,” kata seorang warga, sebut saja namanya Ujang kepada wartawan, Senin (22/7/2019).

Begitu pun, ujar Ujang, Kades Yunus selalu dapat menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi di tengah warga dengan cara musyawarah, persuasif, dan mufakat. Sampai sekarang, di Desa Parungkuda tidak pernah terjadi gejolak yang mengganggu sendi-sendi keamanan, ketertiban, kenyamanan masyarakat.

“Kami merasa situasi di desa kami selalu tetap aman, nyaman, dan tertib, serta kami merasa terlindungi,” tutur dia.

Pandangan Ujang itu telah menjadi persepsi publik terhadap kepemimpinan dan figur Kades Yunus. Masyarakat menilai, Yunus memiliki kemampuan manajerial yang mumpuni dalam mengelola APBDes. Sebagian besar warga desa berpendapat, pengelolaan dana desa oleh Pemdes Parungkuda sangat baik.

“Salah satu buktinya, di desa kami terjadi kemajuan pembangunan infrastruktur yang sangat bagus. Pembangunan jalan lingkungan dan infrastruktur lainnya di bawah kepemimpinan Pak Yunus berkembang dengan pesat. Kami bersyukur dan merasa bangga memiliki kepala desa seperti Pak Yunus,” ungkapnya. 

Kalau di desa-desa tertentu kades dan perangkat desa kerap tidak sejalan, di Desa Parungkuda hal itu tidak pernah terjadi. Kades Yunus yang mengutamakan pengayoman selalu kompak dan sejalan dengan perangkat desa. Yunus juga selalu tampil dengan sifat kebapakan yang mengayomi ketika berada di tengah masyarakat. (*)

Print Friendly, PDF & Email