Pemkot akan Resmikan Jabatan Pengelola Keuangan di Kelurahan

oleh -
Kepala Bidang Kepegawaian BKPSDM Kota Sukabumi, Taufik Hidayah.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Pemkot Sukabumi akan meresmikan jabatan baru dari penangkatan CPNS tahun ini yakni pengelola keuangan di kantor kelurahan. Jabatan ini memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai bendahara di kantor kelurahan yang sejak tahun lalu mulai mengelola Dana Kelurahan.

banner 970x90

“Formasinya telah diajukan ke pimpinan. Syaratnya berpendidikan D3 akuntasi,” kata Kepala Bidang Kepegawaian pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kota Sukabumi, Taufik Hidayah saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (22/6/2020).

Usulan jabatan tersebut, ujar Taufik, telah melalui proses verifikasi dan validasi oleh Kementerian PAN-RB yang akan direalisasikan pada penerimaan CPNS tahun ini.

Sebelumnya bendahara untuk kantor kelurahan diambil dari para pejabat yang ada di kantor kelurahan masing-masing. Tahun ini pengelola keuangan kantor kelurahan itu akan disiapkan oleh BKPSDM dari para pegawai yang memiliki latar belakang pendidikan akuntansi. Para pengelola keuangan ini memiliki status kepegawaian golongan II.

“Kami tidak mengambil dari pegawai yang berpendidikan S1 karena mereka memiliki golongan IIIA. Jadi mereka tidak akan terlalu lama menjabat bendahara kelurahan karena dua tahun kemudian akan menjadi pejabat eselon IV. Kalau dari D3, mereka akan lama memegang jabatan pengelola keuangan kantor kelurahan,” jelas Taufik.

Dalam proses penerimaan CPNS di lingkungan Pemkot Sukabumi, sebanyak 269 telah dinyatakan lulus SKD (Seleksi Kompetensi Dasar). Selanjutnya mereka akan mengikuti SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) yang akan mengisi 114 posisi di beberapa SKPD di Pemkot Sukabumi.

Formasi yang disediakan paling banyak untuk guru dan 33 pengelola keuangan kelurahan. Formasi lainnya dokter, perawat, bidan, arsitektur, staf BKPSDM, 3 orang Satpol PP, 1 orang Bappeda, dan 1 posisi di Diskominfo.

“Proses rekrutmen CPNS yang tertunda akibat wabah Covid-19 akan dilanjutkan antara bulan Agustus atau September mendatang,” tambahnya. (*)   

Print Friendly, PDF & Email