Harga Daging Ayam Broiler Mulai Turun Pelan-pelan

oleh -
Dalam gerakan yang perlahan-lahan, harga daging ayam broiler mulai turun dan meninggalkan level harga Rp40 ribu perkilogram.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Harga daging ayam broiler perlahan-lahan mulai turun dan meninggalkan angka Rp40 ribu perkilogram. Beberapa hari yang lalu, harganya sempat bertengger di tingkat Rp42 ribu perkilogram, awal pekan ini pada penjualan di tingkat eceran menjadi Rp37 ribu perkilogram. Penurunan harga tersebut membutuhkan waktu sekitar satu minggu dan berlangsung secara bertahap.

banner 970x90

Berdasarkan pantauan Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan, dan Perindustrian (Diskopdagrin) Kota Sukabumi, harga daging ayam broiler di Pasar Pelita dan Pasar Gudang tidak ada yang sampai pada level Rp40 ribu perkilogram.

“Harga daging ayam broiler terus turun, sekarang sudah mencapai Rp37 ribu perkilogram,” kata Kabid Perdagangan pada Diskopdarin Kota Sukabumi, Heri Sihombing kepada wartawan, Senin, (22/6/2020).

Heri memperkirakan, tren penurunan harga daging ayam broiler tersebut akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan. Walaupun turun, ujar Heri, harga daging ayam broiler tersebut masih tetap berat bagi masyarakat sebab harga dasarnya cuma Rp24 ribu sampai Rp25 ribu perkilogram.  

Namun pergerakan harga daging ayam broiler itu berbanding terbalik dengan pegerakan harga  sayur sayuran yang cenderung naik. Cabai merah TW harganya naik dari Rp24 ribu menjadi Rp25 ribu perkilogram, cabai merah lokal menjadi Rp36 ribu/kg, cabai keriting merah naik dari Rp18 ribu menjadi Rp20 ribu/kg. 

Kenaikan harga juga terjadi pada cabai keriting hijau yang asalnya Rp15 ribu menjadi Rp22 ribu/kg. Begitu pula harga bawang merah naik dari Rp20 ribu menjadi Rp24 ribu/kg. 

Untuk komoditas penting lainnya seperti beras, minyak goreng, gula pasir, terigu, dan daging sapi relatif tidak berubah. (*)

Print Friendly, PDF & Email