Wabup Apresiasi Bantuan Pipanisasi untuk Kasepuhan Sirnaresmi

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono meninjau lokasi pembangunan pipanisasi air bersih di Kampung Adat Kasepuhan Sirnaresmi, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Usep Mulyana (KOWASI)

Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Adjo Sardjono mengapresiasi kebijakan Bank Indonesia (BI) yang memberikan bantuan pipanisasi air bersih untuk Kampung Adat Kesepuhan Sirnaresmi di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Menurut wabup, kegiatan BI bertema “Dedikasi Untuk Negeri” itu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat penerima bantuan.

Peresmian pembangunan pipanisasi itu disaksikan oleh para tokoh setempat dan aktivis yang peduli terhadap pemberdayaan kampung adat seperti tokoh KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan), H. Maman Sulaeman. Pelaksanaannya pada Jumat (21/6/2019). Wabup mengajak masyarakat Sirnaremi turut memelihara sarana yang diberikan oleh BI tersebut.  

“Kami menyampaikan apresiasi atas masuknya masyarakat Kampung Adat Kasepuhan Sirnaresmi ke dalam Program Sosial Bank Indonesia. Mudah-mudahan pembangunan pipanisasi di Kasepuhan Sirnaresmi dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutur wabup.

Dengan tersedianya sarana air bersih, lanjut Adjo, masyarakat di Kasepuhan Sirnaresmi dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk keperluan rumah tangganya. Air yang mengalir dari sarana tersebut juga bisa digunakan untuk mengairi kebun dan sawah.

“Jadi secara langsung, kahadiran sarana air ini dapat meningkatkan produktivitas pertanian di Kasepuhan Sirnaresmi. Otomatis kesejahteraan masyarakat pun akan meningkat,” ujar Adjo.

Pada kesempatan itu, Wabup Sukabumi menyerahkan bantuan pipanisasi secara simbolis kepada Sesepuh Kampung Adat Kasepuhan Sirnaresmi. Dia juga meninjau langsung lokasi pembangunan pipanisasi air bersih.

Sementara itu Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat, Pribado Santoso yang mewakili BI mengatakan, selain menjaga nilai tukar rupiah, BI juga bertugas untuk menjaga stabilitas  pangan. Program sosial berupa pembangunan pipanisasi air bersih ini, kata dia, meupakan upaya untuk stabilisasi harga pangan.

“Karena dengan tersalurkannya air ke pesawahan, para petani bisa terus menanam padi dan stok beras akan aman,” ujar Pribadi.

Dia mengharapkan, pipanisasi air bersih di Kasepuhan Sirnaresmi memberikan manfaat langsung bagi masyarakat. Pribadi juga mengajak masyarakat penerima bantuan untuk memanfaatkan hasil dari program pipanisasi air bersih dengan sebaik-baiknya. (*)

Print Friendly, PDF & Email