SMPN 1 Ciracap, Dari Jampang Lahirkan Jago Sepak Bola dan Futsal

oleh -
Para siswa kelas IX SMPN 1 Ciracap, Kabupaten Sukabumi mengikuti prosesi paturay tineung dengan para guru dan kepala sekolah pada acara penglepasan alumni dan kenaikan kelas.

Wartawan Dicky Sopyan (SURADE)

Di wilayah Pajampangan, Kabupaten Sukabumi, SMPN 1 Ciracap termasuk salah satu sekolah jagoan yang selalu meraih prestasi dan penghargaan untuk cabang olahraga sepak bola dan futsal. Sekolah ini memiliki kesebelasan dan tim futsal yang tangguh sehingga selalu membawa pulang piala dari setiap kejuaraan yang diikutinya.

“Alhamdulillah, para siswa sekolah kami diperhitungkan pada setiap pertandingan sepak bola dan futsal,” kata Kepala SMPN 1 Ciracap, Jijih, S.Pd.

Sepanjang tahun 2019, ujar Jijih, tim futsal dan kesebelasan SMPN 1 Ciracap meraih posisi bergengsi pada berbagai pertandingan. Prestasi-prestasi sepak bola yang diraih kesebelasan SMPN 1 Ciracap antara lain juara 1 kompetisi di Darul Amal dan juara 2 pada kompetisi di GSI tingkat Kabupaten Sukabumi.

Adapun untuk fusal, sekolah ini meraih prestasi sebagai juara 1 pada pertandingan futsal di ajang O2SN tingkat Kabupaten Sukabumi, SMK Nuansa Bogor, dan SMK Mutiara Palabuhanratu. Selain itu tim futsal SMPN 1 Ciracap menjadi juara 2 dan juara 3 pada beberapa kejuaraan.

Para pemain futsal yang sangat menonjol dari sekolah tersebut selama 2019 antara lain Geisha Apriliansyah (VIII-B), Tri Nurfilahmi (VIII-D),  Isep Setya Permana (VIII-A), Fikri Alfarez (VII-D), Arindini (IX-B), Meli Susanti (VIII-B), Faega Fikri (VIII-E), Bandan Naizi Nugraha (IX-A), dan Bakti Purnama (IX-D).

Pada tahun pelajaran 2019/2020, para pemain futsal tersebut telah naik kelas atau lulus dari SMPN 1 Ciracap. Para pemain futsal yang naik kelas ke kelas VIII dan kelas IX masih terus akan berkiprah untuk mengangkat nama sekolah melalui futsal dan sepak bola.  

Sekolah yang beralamat di Jalan H. Anwari,  Desa/Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi ini menggelar penglepasan alumni dan kenaikan kelas pada Selasa (18/6/2019) lalu di halaman sekolah. Pada acara itu ditampilkan berbagai atraksi seni seperti marawis, tari jipeng, tari Subali Sugriwa, dan tari jaipong.

Selanjutnya upacara adat paturay tineung yang diikuti para siswa kelas IX yang akan meninggalkan almamaternya. 

Untuk sambutan, selain dari kepala sekolah, perwakilan siswa dan alumni, juga disampaikan Camat Ciracap yang diwakili Kepala Seksi Kesos Burhan; Pengawas pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, H. Mansur; dan Ketua PGRI Kecamatan Ciracap, Nandang. 

Adapun para alumni yang meraih nilai tertinggi pada Ujian Nasional tahun 2019 terdiri dari Bagas Restu Rudiana (IX-A) 297,0; Siti Elvira Devi (IX-D) 295,5; Bandan Naizi Nugraha (IX-A) 295,0; Muhamad Abduloh (IX-E) 293,5; dan Siti Ledidah Muharomah Putri (IX-A) 292,0. (*)

Print Friendly, PDF & Email