Sekber Wartawan Apresiasi Kinerja Bupati, Selamat Ulang Tahun, Pak Marwan

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami bersama Koordinator Sekber Wartawan Palabuhanratu.

Wartawan Nanang Setiana

Koordinator Sekretariat Bersama Wartawan (Sekber Wartawan) Palabuhanratu, Muhammad Ridwan mengapresiasi kinerja Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami yang dianggapnya semakin mulus mewujudkan visi Sukabumi lebih baik. Di bawah kepemimpinan Marwan, Kabupaten Sukabumi terus menuju wujud masyarakat Sukabumi yang religius dan mandiri.

banner 970x90

“Ini hari tanggal 22 Mei 2020 merupakan ulang tahun yang ke-57 Pak Marwan Hamami. Selamat ulang tahun, Pak Marwan! Bapak telah bekerja sebagai bupati Sukabumi melampuai tugas dan kewajiban jabatan,” kata Ridwan ketika dihubungi lewat sambungan telepon seluler, Jumat (22/5/2020) pagi.

Dalam banyak kesempatan, ujar Ridwan, dirinya sering bertemu dengan Marwan, baik selaku pribadi atau dalam kapasitas sebagai Bupati Sukabumi. Kebetulan Ridwan masuk dalam daftar tim sukses pasangan Marwan Hamami-Adjo Sarjono pada Pilkada 2015 lalu. Dari pertemuan dengan Marwan, Ridwan menilai, bupati Sukabumi termasuk pejabat yang suka bekerja keras dan kukuh dalam mewujudkan cita-cita.

“Tadi malam, saya memanjatkan doa khusus untuk keselamatan dan kesuksesan beliau dalam menjalankan tugas sebagai bupati untuk mewujudkan Sukabumi lebih baik,” ungkap Ridwan yang sering disapa Cheng Ho. 

Di bawah kepemimpinan Marwan, Kabupaten Sukabumi mencapai berbagai prestasi pembangunan. Pemkab Sukabumi sukses mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) hingga 5 kali berturut-turut dari  BPK RI. Secara pribadi dan jabatan, bupati meraih sekitar 125 penghargaan bergengsi tingkat provinsi dan nasional. Jumlah penghargaan ini belum termasuk penghargaan yang diterima perangkat daerah.

Pembangunan infrastruktur juga mengalami kemajuan yang sangat cepat. Salah satunya pembangunan jalan. Total panjang kabupaten di Sukabumi mencapai 1.266,7 kilometer.

Dari jalan sepanjang itu, Pemkab Sukabumi berhasil memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 298,39 kilometer pada 2016, sepanjang 332,85 kilometer pada 2017, dan 369,41 kilometer pada 2018. Belum lagi jalan yang masih digarap sepanjang 2019. Tingkat kemantapan jalan lebih daripada 54,13 persen.

Waktu kecil Marwan bercita-cita menjadi penerbang komersial karena ingin bepergian dari satu negara ke nagara lainnya. Namun cita-cita itu tidak kesampaian karena selulus SMAN 1 Kota Sukabumi dia melanjutkan pendidikan ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung. Dia mengambil jurusan Hubungan Internasional.   

Lulus dari Unpar, Marwan sempat bekerja magang di Departemen Luar Negeri sebagai tenaga kerja suka rela yang tidak menerima bayaran. Ketika sedang magang itulah, Marwan dipanggil pulang kakeknya ke Sukabumi untuk mengurusi perusahaan keluarga.  

Sebelum umurnya 30 tahun,  Marwan memimpin kurang lebih 200 karyawan perusahaan migas. Dia juga bekerja sama dengan ribuan orang yang mencari penghidupan dari penjualan minyak tanah.  Berkat kerja dan upaya kerasnya perusahan yang dipimpinnya menjadi korporrasi yang kokoh dan mapan hingga secara ekonomi stabil.

Pada tahun 2005, Marwan dipercaya rakyat Kabupaten Sukabumi menjadi wakil bupati mendampingi Bupati Sukabumi, H. Sukmawijaya. Sebelumnya dia menjabat pembantu rektor Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI). (*)

Print Friendly, PDF & Email