Masjid Agung Dibuka Kembali untuk Shalat Jumat

oleh -
Suasana di dalam ruangan Masjid Agung Kota Sukabumi menjelang dimulainya Shalat Jumat dalam suasana wabah Covid-19.

Wartawan Denny Nurman AJ (Kowasi)

Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Kota Sukabumi membuka kembali masjid yang dikelolanya untuk ibadah Shalat Jumat pertama setelah ditutup selama sekitar dua bulan. Dalam pelaksanaannya, shalat berjamaah tersebut memenuhi protokol kesehatan seperti mengenakan masker, membawa sajadah sendiri, dan menjaga jarak di dalam shaf.

banner 970x90

Shalat berjamaah pertama itu digelar dengan penuh kekhusyukan pada Jumat (22/5/2020). Jamaah memenuhi tiap shaf sambil tetap menjaga jarak di antara mereka. DKM memberi tanda untuk titik yang boleh ditempati dan yang harus dikosongkan. Dengan tertib jamaah shalat Jumat mengikuti aturan yang ditetapkan DKM terkait protokol kesehatan.

“Alhamdulillah Masjid Agung dibuka kembali untuk shalat Jumat. Kami lihat dalam pelaksanaannya memenuhi protokoler kesehatan seperti menjaga jarak dan jamaah mengenakan masker,” kata Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami  ketika akan mengikuti shalat Jumat di Masjid Agung Kota Sukabumi.

Dikatakan Andri, pengumuman dibukanya kembali Masjid Agung bersifat dadakan dalam arti tidak ada pemberitahuan terlebih dulu. Wakil wali kota yakin, jamaah yang mengikuti shalat jumat di Masjid Agung mengikuti aturan protokol kesehatan.

Sementara untuk pelaksanaan shalat Ied, ujar Andri, hal itu perlu dimusyawarahkan dan dipertimbangkan dengan matang. Dia mengharapkan adanya keputusan terbaik mengenai tempat shalat Idul Fitri. (*)   

Print Friendly, PDF & Email