Bazar Ramadhan, Bentuk Kepedulian Sosial Pelaku Usaha

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami meninjau salah satu stand UMKM pada pembukaan Bazar Ramadhan 1440 Hjiriyah di halaman STISIP Widyapuri Mandiri, Cisaat.

Wartawan Usep Mulyana (KOWASI)

Penyelenggaraan Bazar Ramadhan merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial dari kalangan pengusaha kepada masyarakat. Di saat masyarakat kesulitan mendapatkan barang-barang karena harganya tinggi, para pengusaha menyediakan  barang-barang murah yang harganya terjangkau melalui kegiatan Bazar Ramadhan.

banner 970x90

Hal itu disampaikan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami ketika meresmikan Bazar Ramadhan 1440 Hijriyah yang diselenggarakan oleh Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Sukabumi bertempat di halaman STISIP Widyapuri Mandiri, Cisaat, Selasa (21/5/2019).

“Kegiatan ini merupakan momentum untuk menanamkan nilai-nilai sosial serta menumbuhkan rasa kepedulian dan empati kepada sesama di bulan suci Ramadhan  dari kalangan pelaku usaha,” kata bupati.

Bazar Ramadhan, ujarnya, merupakan salah satu upaya pemda untuk mengajak para pelaku usaha di Kabupaten Sukabumi supaya meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat. 

“Bagaimanapun, menyediakan sembako yang harganya murah dan terjangkau merupakan wujud kepedulian, kebersamaan, dan dukungan terhadap upaya  mensejahterakan masyarakat,” kata Marwan.

Bupati pun mengharapkan adanya bazar tersebut dapat membuat stabil harga barang-barang di pasaran. Selain itu bazar dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya di bulan puasa dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Sukabumi, H. Ardiana Trisnawiana sebagai penanggung jawab kegiatan mengatakan, para peserta bazar berasal dari kalangan pelaku UMKM di Kabupaten Sukabumi. Mereka sehari-hari bergiat sebagai produsen kuliner, pedagang sembako, dan pengrajin.

“Semua barang yang dijual pada bazar ini harganya lebih rendah dibandingkan dengan harga yang berlaku di pasar. Masyarakat yang ingin memenuhi kebutuhan bahan pokok selama bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran sangat terbantu dengan adanya bazar ini,” ujar Ardiana.

Bazar berlangsung selama dua hari sampai dengan Rabu (22/5/2019). Panitia Bazar Ramadhan juga menggelar talkshow kesehatan dengan narasumber Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS, pakar gizi dan guru besar Instutut Pertanian Bogor (IPB). (*)

Print Friendly, PDF & Email