Pembangunan Pusat Pemerintahan Siap Masuki Tahap Pembuatan DED

oleh -
Kepala Bidang Bina Tata Bangunan pada DPU-PRP-KPP Kota Sukabumi, H. Agus Ramdhan Darojatun menunjukkan gambar desain masterplan pusat pemerintahan Kota Sukabumi hasil karya pemenang sayembara.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Setelah memiliki desain masterplan untuk kawasan pusat pemerintahan di wilayah Kecamatan Cibeureum, Pemkot Sukabumi melalui DPUPRPKPP (Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruangan, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan) akan segera membuat DED (Detail Engineering Design) infrastruktur dan landscape dari proyek pembangunan pusat pemerintahan Kota Sukabumi.  

“Desain masterplan pusat pemerintahan Kota Sukabumi hasil sayembara akan segera dibuatkan DED-nya,” kata Kepala Bidang Bina Tata Bangunan (BTB) DPU-PRP-KPP Kota Sukabumi, H. Agus Ramdhan Darojatun kepada wartawan, Senin (22/4/2019).

Dalam DED yang dibuat berdasarkan desain masterplan hasil sayembara itu, ujar Agus, akan tergambar konsep pusat pemerintahan yang dipadukan dengan kawasan destinasi wisata bertema ‘Riung Rahayat’ yang artinya tempat berkumpul rakyat untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan menyampaikan aspirasi kepada wakilnya.

“Jadi nantinya kawasan tersebut dipadukan dengan tempat wisata, edukasi, galeri, perkantoran, pertunjukan, kuliner, rekreasi, dan tempat ibadah,” ujar Agus.

Sayembara desain masterplan pusat pemerintahan Kota Sukabumi dimenangkan oleh Tim Fajar Ikhwan Harnomo, arsitek dari Bandung. Dalam pembuatan desainnya, jelas Agus, tim pemenang sayembara sangat memahami kondisi di lapangan berdasarkan survei yang mereka lakukan. 

“Pemenang sayembara mengetahui persis kondisi lahan secara topografi dan kontur wilayah. Tim tidak menghilangkan potensi wilayah seperti saluran irigasi yang akan dijadikan obyek wisata di lingkungan pusat pemerintahan,” tutur dia.

Desain masterplan hasil karya pemenang saymebara.

Digelarnya  sayembara desain masterplan, lanjut Agus, merupakan salah satu bentuk transparansi dari proyek besar pembangunan pusat pemerintahan Kota Sukabumi. Melalui proses penilaian oleh juri dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jawa Barat dan Sukabumi didapatkan 40 karya desain.

“Penentuan pemenang berdasarkan pertimbangan konsep yang ditawarkan lebih sederhana dan ada tahapan pembangunannya,” kata Agus.

Kesederhaan tampak pada desain bangunan. Dari desain pemenang sayembara tampak di atap bangunan dipasang simbol leuit atau lumbung padi yang menjadi ciri khas di wilayah tersebut atau lebih tepatnya ciri khas Sukabumi. 

Penataan lingkungan perkantoran SKPD sangat menarik perhatian karena di sekitarnya ada taman tematik, danau, dan pusat kegiatan budaya. Hal itu tampak pada gambar beberapa kantor seperti Balai Kota, Sekretariat DPRD, Seketariat daerah, BPKD, BKDPSDM, Bappeda, Inspektorat, Kesbang, Dinas PU, DLH, Dishub, serta Dinas P dan K.

“Tugas pemenang sayembara belum selesai. Nantinya mereka harus menjadi tim ahli yang mendampingi konsultan perencanaan dan pembangunan. Pemenang sayembara lebih memahami secara detail tahapan-tahapan pembangunan dan rincian bagian bangunan,” jelas dia. 

Dalam waktu dekat, BTB DPU-PRP-KPP Kota Sukabumi akan membuat maket tiga dimensi dari desain kawasan pusat pemerintahan. Maket tersebut akan dipajang di Balai Kota untuk memotivasi kepala daerah dan jajarannya agar segera mewujudkan kawasan pemerintahan tersebut. (*)

Kepala Bidang Bina Tata Bangunan pada DPU-PRP-KPP Kota Sukabumi, H. Agus Ramdhan Darojatun menunjukkan gambar desain masterplan pusat pemerintahan Kota Sukabumi hasil karya pemenang sayembara.

Print Friendly, PDF & Email