Monitoring di Cibadak, Sekda Memuji Pelaksanaan USBN

oleh -
Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri bersalaman dengan Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Asep Haryanto (tengah) ketika tiba di SDN 5 Cibadak dalam kegiatan monitoring USBN di sekolah tersebut.

Wartawan Usep Mulyana (KOWASI)

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri memimpin monitoring pelaksanaan USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) ke sejumlah sekolah di kawasan Cibadak, Senin (22/4/2019).

banner 720x90

Pada kegiatan monitoring itu, Iyos mendatangi SD dan SMP Al-Ummah, SMPN 2 Cibadak, dan SDN 5 Cibadak. Selama monitoring, Iyos didampingi Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Agus Muharam dan disambut oleh pengurus yayasan atau kepala dari sekolah yang dikunjungi.

Di Kampus Al-Ummah, sekda disambut dan didampingi Ketua Yayasan Mushafa Kamal ketika berkeliling sekolah untuk melihat pelaksanaan USBN. Selama monitoring tersebut, sekda tidak menemukan masalah atau penghambat yang mengganggu kelancaran ujian.  

“Alhamdulillah pelaksanaan USBN berjalan dengan tertib lancar serta tepat, baik yang sudah berbasis komputer ataupun belum. Sebagai contoh pelaksanaan USBN di SDN 5 Cibadak kondisinya sangat kondusif dan terkendali untuk 4 kelas yang dijadikan tempat ujian,” kata Sekda Iyos ketika ditemui seusai memimpin rombongan USBN.

Para siswa di SDN 5 Cibadak dapat mengikuti ujian dengan tenang. Rata-rata jumlah siswa yang menempati satu kelas ujian mencapai 20 orang. Para siswa terlihat tekun mengikuti ujian hari pertama untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Di sekolah tersebut juga hadir Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Asep Haryanto.  

“Kita mengharapkan melalui pelaksanaan ujian yang baik dan bermutu akan dihasilkan lulusan yang lebih baik lagi,” tutur sekda.

banner 720x90

Pelaksanaan USBN untuk SD/MI berlangsung selama tiga hari sampai dengan Rabu (24/4/2019) dengan urutan mata pelajaran yang diujikan Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Ujian susulan dilaksanakan pada 29 dan 30 April 2019.

Sementara ujian untuk SMP/M.Ts. berlangsung sampai dengan Kamis (25/4/2019) dengan mata pelajaran yang diujikan berturut-turut Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. Untuk ujian susulan dilaksanakan pada 29 dan 30 April 2019.

Sementara itu Kabid SD Asep Muharam menjelaskan, pelaksanaan ujian berjalan tertib sesuai dengan rencana. Dia mengharapkan dalam waktu tidak lama lagi bisa dilaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SD. Saat ini, UNBK SD baru dilaksanakan di beberapa sekolah percontohan.

“UNBK ini merupakan tantangan bagi kami untuk bisa melaksanakannya dengan baik,” ujar Agus. (*)

Print Friendly, PDF & Email