Penuhi Usulan Sopir, Dishub Selenggarakan Uji Kir di Terminal Sagaranten

oleh -
Kesibukan jemput bola pelayanan uji kir oleh para petugas dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi di Terminal Sagaranten.

Wartawan Hamjah

Para petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi menggelar pelayanan jemput bola untuk uji kir di  Terminal Sagaranten. Dalam uji kir tersebut, para petugas melayani kendaraan angkutan barang maupun penumpang.

banner 720x90

“Kegiatan ini rutin diselenggarakan enam bulan sekali di Terminal Sagaranten. Uji kir keliling ini juga digelar di terminal-terminal lainnya di wilayah Kabupaten Sukabumi,” kata Penguji Pelaksana Lanjutan Uji Kir Dishub Kabupaten Sukabumi, Iwan ketika ditemui di Terminal Sagaranten, Jumat (22/03/2019).

Salah satu pertimbangan dilaksanakannya layanan tersebut  adalah banyaknya usulan dari para sopir angkutan umum atau pemilik kendaraan untuk uji kir di lokasi yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal mereka. Setelah menerima usulan dari para sopir, Dishub mempertimbangkan lalu memutuskan untuk melaksanakan uji kir di Sagaranten.

“Kalau harus ke Kantor Dishub di Cikembang, jaraknya cukup jauh dari Sagaranten. Jadi biarlah kami yang jemput bola,” ujar Iwan.

Jadwal uji kir di Terminal Sagaranten belum ditetapkan secara permanen. Menurut Iwan, jadwal pastinya bergantung pada kesiapan aparat di wilayah yang dalam hal ini petugas UPTD Dishub Wilayah Sagaranten dan Terminal Sagaranten. Para petugas uji kir di Dishub, kata dia, pada dasarnya siap meluncur kapan saja tergantung kesiapan aparat di wilayah.

Dengan adanya jemput bola pelayanan uji kir, para pemilik kendaraan angkutan penumpang dan angkutan barang yang berdomisili di Sagaranten dan sekitarnya dapat menghemat waktu dan biaya ketimbang mereka harus pergi ke Kantor Dishub di Cikembar yang jaraknya sekitar 75 kilometer.

banner 720x90

Kecamatan-kecamatan yang tercakup pelayanan uji kir itu meliputi Sagaranten, Cidadap, Curugkembar, Purabaya, Pabuaran, dan Cidolog.

Dalam pelayanan uji kir keliling itu, Dishub tidak memberlakukan kuota. Selama pelayanan masih buka, tim penguji siap melayani uji kir. Di Terminal Sagaranten, Dishub menerjunkan  7 petugas yang bertugas sebagai pelaksana lanjutan, penguji pelaksana, administrasi, ketok peneng, dan cat samping.

Dokumen yang harus dibawa sebagai persyaratan untuk mendapat pelayanan uji kir tersebut antara lain STNK asli serta fotokopinya 1 lembar, buku uji beserta fotokopi 1 lembar, dan KTP asli dan fotokopi pemilik atau pemohon 1 lembar. Selain itu pemohon harus mengisi formulir uji kir. (*)

Print Friendly, PDF & Email