Mendikbud Hadiri Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan

oleh -
Suasana pembukaan Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukabumi di GOR Cisaat oleh Mendikbud Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P.

Wartawan Usep Mulyana

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Prof. Dr. Muhadjir Effendy,  M.A.P. menghadiri pembukaan Gebyar Pendididikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukabumi di Gelanggang Olahraga (GOR) Cisaat, Jumat (22/3/2019). Kedatangan Mendikubd disambut Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami diiringi penampilan tari tradisional. 

banner 970x90

“Kedatangan kami ke sini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan pendidikan yang telah dijalankan selama 4 tahun terakhir. Selain itu, kami juga akan sosialisasikan program-program yang akan dilaksanakan pada tahun-tahun  berikutnya,” kata Muhadjir dalam pidatonya.

Di lokasi penyelenggaran Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukabumi tampak hadir para pejabat dan aktivis pendidikan di antaranya Kepala Disdik Provinsi Jawa Barat; Anggota DPR RI Hj. Reni Marlinawati; dan Kepala Disdik Kabupaten Sukabumi, M. Solihin. Teman kegiatan berbunyi: ‘menuju pendidikan yang lebih baik dan maju’.  

Dalam sambutannya Bupati Sukabumi menyampaikan harapan kedatangan Mendikbud yang pertama kalinya itu dapat  mendorong percepatan pembangunan dalam penguatan SDM di bidang pendidikan. Selama ini, kata bupati, Kabupaten Sukabumi mengalami kekurangan tenaga pendidik. 

“Kami menghadapi persoalan yaitu kekurangan guru. Jumlah guru di Kabupaten Sukabumi tidak sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan. Di wilayah kami masih ada sekolah yang tidak memiliki guru PNS,” kata bupati.

Marwan mengharapkan ada solusi dan pemecahan atas masalah tersebut dari menteri. Pemkab Sukabumi, kata bupati, terus mendorong para guru agar tetap bersemangat dalam mengajar dan mengabdikan diri untuk mendidik anak-anak.

Pada bagian lain, bupati menyampaikan, peran budaya untuk mendorong perkembangan destinasi wisata sangat penting dan strategis. Saat ini, pemda dan para pemangku kepentingan menggunakan budaya dalam upaya mempromosikan dan mengembangkan Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

“Visi yang kami kembangkan saat ini diarahkan untuk menciptakan manusia yang religus dalam menghadapi perkembangan zaman. Anak-anak kita perlu diberi penguatan keimanan. Selanjutnya visi kemandirian untuk mendorong potensi masyarakat di Kabupaten Sukabumi hingga menjadi sebuah nilai ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ujar bupati.

Pada acara itu Mendikbud membagikan doorprize untuk para siswa yang mampu menghafal Pancasila, Proklamasi Indonesia, dan Pembukaan UUD 1945. Hadiah yang diberikan antara lain laptop dan sepeda kepada puluhan siswa. 

Sedangkan bupati memberikan hadiah berupa sepeda motor kepada siswa yang bisa menyebutkan Rukun Iman dan Rukun Islam secara berurutan. Penerima sepeda motor tersebut bernama Agus Mulyana, siswa SMAN 1 Jampangtengah yang tinggal di Kampung Gunung Hanjuang RT 21 RW 06, Desa Sindangresmi, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi.

Usai acara, Mendikbud bersama Bupati Sukabumi menuju Masjid Agung Kota Sukabumi untuk melaksanakan shalat Jumat berjamaah. (*)

Print Friendly, PDF & Email