Lulusan STIKES Mesti Memberikan Manfaat yang Banyak pada Masyarakat

oleh -
Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami (tengah) bersama Ketua STIKES Sukabumi, Iwan Permana (paling depan) dan Ketua Yayasan Kusumah Bangsa, Hanafie Zain (kedua dari depan) pada acara wisuda lulusan perguruan tinggi tersebut.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Sebanyak 30 lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Sukabumi mengikuti  sidang senat terbuka dalam rangka pengukuhan wisuda dan pengambilan sumpah profesi  gelombang kedua tahun akademik 2018-2019 di Aula STIKES Sukabumi, Jalan Karamat Nomor 36 Kota Sukabumi, Kamis (21/3/2019).

banner 970x90

Pada acara itu, hadir Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami bersama para petinggi kampus STIKES seperti  Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Kusuma Bangsa Sukabumi, Hanafie Zain;  Ketua STIKES Sukabumi, Iwan Permana; Kepala Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV Jawa Barat dan Banten;  dan Ketua DPW PPNI Jawa Barat. 

Dalam pidatonya, wakil wali kota mengatakan, lulusan  STIKES Sukabumi diharapkan dapat menjadi tenaga paramedis yang handal dan membawa banyak manfaat bagi masyarakat. Mereka harus berperan aktif dan positif dalam membantu pemerintah di bidang kesehatan dengan ilmu dan keterampilan medis yang didapat dari almamaternya.

 “Kegiatan wisuda ini bukan hanya seremonial, tapi harus menjadi acara monumental untuk mengimplementasikan gelar dan kompetensinya di tempat mengabdi,” ujar wakil wali kota. 

Wisuda yang diikuti lulusan STIKES Kota Sukabumi, lanjut dia, bukan proses akhir dari kegiatan akademik mengingat masih ada ujian yang lebih berat di tengah masyarakat. Para wisudawan harus siap dan lulus dalam ujian tersebut untuk menjaga martabat dan kehormatan almamater dan profesi. 

“Di masyarakat, para lulusan mesti bekerja dengan menerapkan  aspek akademik dan sikap keprofesionalan serta aspek sosial. Mereka juga harus siap dengan aspek spiritual,” tutur Andri.

Tidak lupa, Andri atas nama Pemkot Sukabumi mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang baru saja mengucapkan sumpah dan dilantik menjadi Sarjana Keperawatan, Ahli Madya Keperawatan dan Kebidanan, serta Profesi Keperawatan Ners. 

Sementara itu Ketua STIKES Sukabumi, Iwan Permana menjelaskan, para wisudawan pada gelombang kedua tersebut berasal dari dari tiga bidang program studi yaitu Diploma Keperawatan, Sarjana Keperawatan, dan Sarjana Profesi Ners. Lulusan Diploma Kepewaratan sebanyak satu orang,  Sarjana Keperawatan sebanyak 26 orang, dan lulusan Sarjana Profesi Ners sebanyak tiga orang.

“Wisuda gelombang kedua ini dalam rangka mempercepat akselerasi daya serap lulusan sekaligus menghadapi pelaksanaan ujian profesi yang rencananya akan diselenggarakan oleh pemerintah pada bulan Juli 2019 mendatang,” jelas Iwan.

Ssjak berdirinya, STIKES Sukabumi telah meluluskan sekitar 10 ribu alumni. Mereka bekerja di lingkungan pemeritahan, rumah sakit, perusahaan swasta di daerah, dalam negeri, maupun luar negeri. (*)

Print Friendly, PDF & Email