Kapolres Pimpin Apel Gelar Pasukan Jelang 17 April

oleh -
Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Condro Purnomo bersama Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi memeriksa pasukan pada apel gelar pasukan gabungan dalam rangka persiapan pengamanan kampanye rapat umum dan hari pemungutan suara.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro memimpin apel gelar pasukan gabungan dalam rangka persiapan pengamanan menghadapi kampanye rapat umum dan hari pemungutan suara pada 17 April bertempat di Lapang Merdeka, Jumat (22/3/2019). Pada acara itu dilaksanakan penandatanganan deklarasi damai oleh Fokopimda, para caleg, dan berbagai komponen masyarakat. 

banner 720x90

Kapolres juga menyematkan pita merah putih kepada perwakilan petugas pengamanan Pemilu dari unsur TNI, Polri, Dishub, Pol PP, dan Polisi Militer. Sebelumnya Susatyo membacakan sambutan Menkopolhukam RI, Jenderal TNI (Purn) Wiranto. 

“Suksesnya Pemilu 2019 tergantung pada kesiapan kita dalam melaksanakannya.  Salah satu kesiapan kita adalah harus bisa membangun ketahanan informasi, menjaga isu negatif melalui hoax. Masyarakat harus bisa mendata informasi yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan,” kata Menko seperti dibacakan AKBP Susatyo. 

Kepada para petugas pengamanan, Wiranto memerintahkan untuk memahami tugas dengan baik dan melaksanakannya dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab. Menteri juga minta para petugas pengamanan untuk mengambil tindakan tegas kepada pihak-pihak yang akan mengacaukan Pemilu. 

Seusai memimpin apel, kepada wartawan, Kapolres mengatakan, untuk menjamin pelaksanaan Pemilu yang aman dan lancar dibutuhkan  koordinasi dan komunikasi dari seluruh instansi dan komponen masyarakat. Pemilu, ujar dia, bukan ajang untuk membuat konflik antar kubu, melainkan untuk meraih kompetensibilitas bagi caleg dalam rangka meraih kepercayaan masyarakat.

Di lokasi apel pasukan gabungan tampak hadir unsur Forkopimda antara lain Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi dan Wakil Wali Kota, Andri Setiawan Hamami; dan Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri.

banner 720x90

Peserta apel terdiri dari berbagai unsur antara lain Polres Sukabumi Kota, Kodim 0607, KPU, Bawaslu, para caleg, ormas, OKP, Satuan Linmas, Satuan Polisi Pamong Praja.

Dalam sambutannya Wali Kota Sukabumi mengatakan, sejauh ini kondisi di wilayah Kota Sukabumi tidak ada gangguan yang dapat mengacaukan Pemilu sehingga masyarakat bisa mendatangi TPS untuk memberikan suaranya.

“Sampai menjelang kampanye rapat umum, pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan dengan damai dan lancar. Kami mengharapkan sinergitas pemda dengan TNI dan Polri terus ditingkatkan untuk memberikan  kenyamanan kepada masyarakat sehingga dalam pelaksanaan Pemilu tidak muncul gangguan dan hambatan,” ujarnya.

Wali kota mengajak masyarakat untuk ambil bagian dalam menjaga keamanan dan ketenangan untuk menjamin terlaksananya Pemilu 2019 dengan aman dan tertib. Masyarakat harus berperan aktif menciptakan dan meningkatkan kondusivitas wilayah di Kota Sukabumi. (*)

Print Friendly, PDF & Email