Dua Paguyuban Tunjukkan Keteladanan Hidup Guyub

oleh -
Kekompakan pengurus dan anggota Paguyuban Abadi Sukabumi Motekar dan Paguyuban Senam Satria Nusantara Kalapanunggal terlihat ketika menjenguk salah satu anggota paguyuban yang dirawat di rumah sakit.

Wartawan Joko Samudro

Dua perkumpulan warga yang eksis dan berkiprah di Sukabumi yakni Paguyuban Abadi Sukabumi Motekar (PASM) dan Paguyuban Senam Satria Nusantara (PSSN) Kalapanunggal selalu menunjukkan keteladanan untuk hidup rukun dan guyub.

banner 720x90

Pada berbagai kesempatan, pengurus dan anggota kedua paguyuban itu sering terlibat dalam kegiatan bersama untuk memupuk keakraban dan mempererat tali silahturahmi.

“Paguyuban artinya perkumpulan untuk hidup guyub. Makanya kami selalu berusaha untuk mewujudkan hidup guyub dan rukun,” kata Herlan, anggota PASM ketika ditemui di RSUD Sekarwangi untuk menjenguk salah satu rekannya yang sedang dirawat di rumah sakit milik Pemkab Sukabumi tersebut, Selasa (21/1/2020).

Herlan tiba di RSUD Sekarwangi bersama sejumlah pengurus dan anggota kedua paguyuban. Mereka sama-sama menjenguk anggota PASM yang sedang menghadapi ujian sakit. Kedua paguyuban kompak mendoakan kesembuhan untuk anggota yang sedang terbaring lemah di kamar perawatan.

Mereka kelihatan solid dan berada dalam satu doa dan perasaan ketika menjenguk rekannya itu. Pada momentum itu, baik anggota PASM maupun PSSN Kalapanunggal melupakan perbedaan perkumpulan. Rombongan dari dua paguyuban tersebut berada dalam semangat yang sama untuk menjalin silaturahmi dan keutuhan persaudaraan.

“Semoga rasa dan jiwa kebersamaan seperti ini bisa terus dipupuk dengan baik serta dapat menambah kesolidan dalam menjalin tali silaturahmi,” tutur Herlan. 

Selama ini, lanjut dia, PASM dan PSSN Kalapanunggal selalu memfasilitasi dan menyalurkan anggotanya untuk kegiatan-kegiatan positif yang dapat meningkatkan silaturahmi di antara sesama anggota organisasi maupun antar paguyuban. Kehadiran dua organisasi tersebut juga penting dalam perannya sebagai filter dan penyambung aspirasi anggota. (*)

Print Friendly, PDF & Email