Pemuda Pelopor Seuseupan Masuk Kandidat 3 Besar Kabupaten

oleh -
Ketua Komunitas Pemuda Pengamat Lingkungan Desa Seuseupan, Solihin Bahri (kaos merah, keempat dari kiri) saat menerima tim penilai dan pejabat pemerintah setempat.

Wartawan Usep Mulyana

Komunitas pemuda pelopor dan pemerhati lingkungan Desa Seuseupan, Kecamatan Caringin memiliki peluang besar untuk masuk ke dalam kelompok 3 besar pada lomba pemuda pelopor tingkat Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, kegiatan yang mereka kelola sangat inovatif dan inspiratif.

Hal itu disampaikan salah seorang anggota tim penilai dari Bappeda Jawa Barat,  Firman Firdaus yang mengadakan kunjungan ke lokasi kegiatan pemuda pelopor Desa Seuseupan di Kampung Ciseupan Hilir RT 01 RW 06 Desa Seuseupan, Kecamatan Caringin,  Rabu (20/11/2019).

“Komunitas pemuda Desa Seuseupan memiliki inovasi yang mendorong kegiatan ramah lingkungan dengan mengubah sampah plastik menjadi BBM. Ini sebuah terobosan yang positif untuk meningkatkan taraf ekonomi warga dan menjadikan Desa Seuseupan sebagai desa bebas sampah plastik.  Maka untuk masuk 3 besar, sebuah keniscayaan,” kata Firman.

Senada dengan Firman,  tim penilai lainnya yang juga Wakil Ketua Pengelola CSR Kabupaten Sukabumi, Dadang Hendar mengatakan, kreativitas para pemuda tersebut layak untuk diikutsertakan dalam perlombaan pemuda pelopor lingkungan hidup.  

“Perlombaan ini sangat selektif dengan sistem penilaian yang ketat dan berjenjang. Tidak mudah bagi kelompok pemuda untuk menjadi peserta pada ajang kompetisi ini tanpa memiliki jenis kegiatan yang  membawa dampak positif bagi masyarakat,” ujar Dadang.

Di tempat yang sama Sekretaris Kecamatan Caringin Nispu Sya’ban menyampaikan apresiasi atas terpilihnya komunitas pemuda Desa Seuseupan untuk mengikuti kompetisi tersebut. Terpilihnya komunitas pemuda tersebut, kata dia, merupakan hasil kerja keras dan kesungguhan para pemuda dalam mengembangkan kegiatannya.  

Sementara itu Ketua Komunitas Pemuda Desa Seuseupan, Solihin Bahri menyatakan,  dirinya sama sekali tidak menyangka jika penemuannya dapat masuk menjadi salah satu nominator lomba pemuda pelopor. Dia mengharapkan, kegiatan yang dilakukannya dapat menjadi inspirasi bagi pemuda-pemuda di desa lain.  

Tim penilai pemuda pelopor beranggotakan 5 orang yang terdiri dari unsur pemerintah, swasta, akademisi, dan media massa. Di lokasi kunjungan juga tampak hadir Endang Maulana (Kades Seuseupan),  Solihin (Kasi Sosbud Kecamatan Caringin), dan Utari (Kabid Dayasos, Dinsos Kabupaten Sukabumi, merangkap tim penilai).

Tampak pula Hamdun Hamdillah (akademisi, tim penilai), Wandi (unsur media,  tim penilai), Agus Susanto (Bappeda Kabupaten Sukabumi, penilai), Supaendi (staf Kantor Kecamatan Caringin), Kadus Ciseupan Hilir, Dadang, dan perwakilan Puskesmas Caringin. (*)

Print Friendly, PDF & Email