Kapolres: Balon Kades yang Gagal Tes Berlapang Dada

oleh -
Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi menyaksikan serah terima dokumen rahasia hasil uji kompetensi dan wawancara balon kades dari Assda I Kabupaten Sukabumi kepada salah satu panitia di tingkat desa.

Wartawan Usep Mulyana

Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi mengimbau para bakal calon (balon) kepala desa  yang tidak lulus uji kompetensi dan wawancara agar berlapang dada. Mereka yang tidak lolos tes itu agar tetap ikut menjaga kondusivitas bersama masyarakat demi kelancaran pelaksanaan Pilkades serentak pada 17 November mendatang.

Imbauan Kapolres itu disampaikan pada acara serah terima hasil uji kompetensi dan wawancara para bakal calon kepala desa dari Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Widyapuri Mandiri (STISIP WPM) kepada Pemkab Sukabumi bertempat di Pendopo Sukabumi, Senin (21/10/2019). 

“Bagi bakal calon kades yang tidak lulus uji kompetensi harus berlapang dada dan menerima hasil ujian dengan tulus. Sementara bagi yang lulus, syukuri hasilnya dengan baik,” kata AKBP Nasriadi.

Tugas semua aparatur pemerintah dan masyarakat terkait Pilkades, ujar Kapolres, adalah menjaga keamanan dan kenyamanan agar hajat demokrasi di tingkat tersebut dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar. Petugas pengamanan akan mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi dan mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

“Aparat keamanan dari Polri mendapat dukungan dari TNI dan Satpol PP untuk menjaga kondusivitas dan ketertiban pada semua tahapan Pilkades,” kata AKBP Nasriadi.

Serah terima hasil uji kompetensi dan wawancara balon kades dilakukan oleh Ketua STISIP WPM, Pepep Sulaeman kepada Assda 1 Kabupaten Sukabumi, Ade Setiawan. Selanjutnya oleh Ade, dokumen tersebut diserahkan secara simbolis kepada kepada panitia Pilkades tingkat desa dan para camat untuk diteruskan kepada para balon kades.

“Selanjutnya para bakal calon kades yang lulus uji kompetensi dan wawancara akan diikutsertakan pada tes kesehatan dan uji narkoba. Hasil dari uji kompetensi, tes kesehatan, dan tes narkoba dijadikan dasar untuk penetapan calon kepala desa oleh panitia di tingkat kabupaten,” kata Ade.

Panitia di tingkat kabupaten termasuk jajaran Pemkab Sukabumi, ujar dia, selalu meminta arahan dari Kapolres dan Dandim di Sukabumi terkait bantuan pengamanan untuk Pilkades serentak. Ade mengimbah semua kalangan untuk bersama-sama mewujudkan Pilkades serentak yang aman, damai, dan tertib.

Selain jajaran Panitia Pilkades di semua tingkatan di tempat kegiatan juga hadir Dandim 0622 Letkol Arm. Suyikno, Kepala DPMD Kabupaten Sukabumi Thendy Hendrayana, para kapolsek, dan para camat dari 47 kecamatan. (*)

Berita terkait….

Camat Cicantayan Serahkan Hasil Uji kepada Panitia Pilkades Tingkat Desa

Print Friendly, PDF & Email