Camat Cicantayan Serahkan Hasil Uji kepada Panitia Pilkades Tingkat Desa

oleh -
Camat Cicantayan Sendi Apriadi (kiri) secara simbolik menyerahkan dokumen hasil uji kompetensi dan wawancara balon kades kepada perwakilan Panitia Pilkades Cimahi.

Wartawan AEP SAEPUDIN

Camat Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Sendi Apriadi menyerahkan berkas dan dokumen hasil uji kompetensi dan wawancara para bakal calon (balon) kepala desa kepada Panitia Pilkades tingkat desa di aula Kantor Kecamatan Cicantayan, Senin (21/10/19). Saat menyerahkan dokumen tersebut, Sendi mengatakan, dirinya tidak mengetahui hasil dari uji kompetensi dan wawancara para balon kades tersebut.

“Jadi hasil tes dan wawancara ini diberikan kepada panitia di tiap-tiap desa untuk diserahkan kepada para balon kades. Dokumen dalam keadaan tertutup dan rahasia. Hasil tes ini dipastikan harus sampai ke tangan para balon kades yang telah terdaftar,” ujar Sendi.

Di Kecamatan Cincatayan terdapat enam desa yang menyelenggarakan Pilkades serentak tahun 2019 yang terdiri dari Cicantayan,  Sukadamai,  Hegarmanah,  Cimanggis, Cisande,  dan Cimahi. Uji kompetensi dan wawancara digelar serentak oleh panitia di tingkat kabupaten yang melibatkan tim independen perguruan tinggi dari tanggal 13 sampai dengan 16 Oktober 2019.

Sebelumnya pada pagi harinya Camat Sendi menerima hasil uji tersebut dari panitia tingkat Kabupaten Sukabumi. Saat penyerahan hasil seleksi, di sekitar Kantor Kecamatan Cicantayan tanpak petugas pengamanan sebanyak 25 personel dari Polsek Cibadak yang dipimpin oleh Ipda Ruhikmat selaku pengendali wilayah keamanan Kecamatan Cicantayan dan 6 personil tni dari Koramil Cibadak yang dipimpin Danposramil Cicantayan, Sertu Adi Suryadi. 

“Harapan kami, hasil dari uji kompetensi dan wawancara ini tidak ada yang mempersoalkan. Lolos atau tidak lolos merupakan takdir dan bagian dari perjalanan hidup. Semua tahapan Pilkades digelar secara terbuka dan diketahui secara luas oleh masyarakat,” ujar camat.

Sementara itu Ipda Ruhikmat menyatakan, di Kecamatan Cicantayan ada tiga desa yang situasinya rawan untuk penyelenggaraan Pilkades yaitu Cimahi,  Cisande,  dan Hegarmanah karena bakal calonnya lebih dari lima orang. Kesimpulan tersebut diambil berdasarkan maping yang dilakukan Ipda Rukhiman dan jajarannya.

“Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, kami mempertebal  lapis pengamanan di ketiga desa tersebut. Kami mengharapkan seluruh tahapan Pilkades di Kecamatan Cicantayan dapat berjalan dengan lancar, tertib, dan aman,” ujar dia. (*)

Print Friendly, PDF & Email