P3K Surade akan Membangun Jembatan Penghubung Dua Desa

oleh -
Salah satu destinasi wisata di Desa Cipeundeuy yakni Situ Habibie memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi objek wisata andalan.

Wartawan Dicky Sopyan

Kantor Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi akan membangun jembatan penghubung dua desa yaitu Desa Buniwangi dan Desa Cipeundeuy. Untuk mewujudkan proyek tersebut, kantor kecamatan akan menggelontorkan dana dari program P3K (Peningkatan Partisipasi Pembangunan Kecamatan).

banner 970x90

“Saat ini rencana pembangunan jembatan tersebut dalam proses menuju realisasi. Diharapkan pada 2020, jembatan penghubung dua desa ini sudah dapat digunakan oleh masyarakat,” kata Camat  Surade H. Utang Supratman, S.IP., M.M. ketika melakukan kunjungan ke Muara Cipamurangan, Desa Cipeundeuy, Jumat (20/9/2019).

Jembatan tersebut terletak di sekitar Muara Cipamurangan di wilayah Dusun Cimandala Desa Cipeundeuy. Jembatan penghubung dua desa itu dapat memudahkan akses pengunjung ke Pantai Minajaya di Desa Buniwangi dan Pantai Ratu Mandala di Desa Cipeundeuy. Tidak perlu diragukan, jembatan di Muara Cipamurangan itu dapat meningkatkan akses masyarakat serta mobilisasi orang dan barang.

Camat  Surade H. Utang Supratman, S.IP., M.M. (tengah, memakai baju pangsi) bersama Kades Cipeundeuy, Kuswandi (tengah, pakai kaca mata hitam) dan jajaran kantor kecamatan dan desa pada kunjungan ke Muara Cipamurangan di Dusun Cimandala, Desa Cipeundeuy.

“Dengan kehadiran jembatan di Muara Cipamurangan, wisatawan yang bekunjung ke destinasi wisata yang ada di wilayah Kecamatan Surade dapat meningkat. Jembatan ini juga dapat mendukung usaha pertanian untuk mempercepat mobilitas pengangkatan hasil bumi,” jelas Camat Surade.

Jembatan yang akan dibangun membentang di atas Sungai Cipamurangan dengan panjang 80 meter dan lebar 4 meter. Ancar-ancar dana yang dibutuhkan untuk membangun jembatan sekitar Rp1,2 miliar.

Di tempat yang sama Kepala Desa Cipeundeuy  Kuswandi yang biasa disapa Aang Ugon mengatakan,  kehadiran jembatan  yang akan dibangun itu sangat dinanti-nantikan oleh warga, terutama para petani. Selama ini, para petani mengalami  kesulitan dalam mengangkut hasil pertaniannya ke luar desa. 

“Pembangunan jembatan ini  merupakan usulan dari masyarakat. Kami bersyukur atas rencana pembangunan jembatan di Cipamurangan oleh kantor kecamatan. Terima kasih, Pak Camat,” tutur Aang. (*)

Print Friendly, PDF & Email