Bupati Resmikan Pembangunan Masjid Al-Afghani di Kompleks Pesantren Abah GOIB

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami memimpin peletakan batu pertama pada pembangunan Masjid Al-Afghani di lingkungan Pesantren Hikmatul Kamal.

Wartawan Aep Saepudin  

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami memimpin peletakan batu pertama Masjid Al-Afghani di Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. Atas nama keluarga besarnya, Marwan mewakafkan masjid tersebut kepada Yayasan Hikmatul Kamal yang dipimpin KH. Asep Sirojudin atau lebih dikenal dengan panggilan Abah GOIB. 

banner 970x90

Selanjutnya pengelolaan masjid yang namanya diambil dari nama kakek Marwan yakni H. Oting Al-Afghani itu pengelolaannya diserahkan kepada Pesantren Hikmatul Kamal milik Abah Cisayar. Masjid Al-Afghani dapat dijadikan tempat beribadah dan beristirahat untuk warga yang sedang melakukan perjalanan dari Sukabumi ke Sagaranten atau sebaliknya.

“Abah di sini dan MUI mencermati perlunya masjid sekaligus rest area antara Sagaranten dan Sukabumi. Kebetulan kami mempunyai  tanah keluarga di sini. Jadi demi untuk kebaikan umat, kami wakafkan tanah ini untuk masjid,” kata bupati pada acara peletakan batu pertama Masjid Al-Afghani.

Keseluruhan luas lahan yang diwakafkan mencapai 3.000 meterpersegi. Selain masjid, bangunan lain yang akan didirikan di lokasi tersebut antara lain rest area yang dilengkapi kolam, tempat bermain, dan fasilitas tempat belajar Al-Quran untuk anak-anak.

“Kegiatan ini bersamaan dengan tasyakur dalam rangka gebyar Muharam 1442 Hijriyah tingkat Kabupaten Sukabumi,” ujar bupati.

Di tempat peletakan batu pertama, bupati memberikan bantuan sembako untuk orang jompo dari Pemda dan Baznas Kabupaten Sukabumi. Dia juga menyerahkan sertifikat wakaf kepada Abah Cisayar.

“Pada momen tahun baru hijriyah ini mari kita berhijrah untuk menerapkan pola kehidupan baru. Kita harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” kata Marwan.

Sementara itu Abah Cisayar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada keluarga Marwan Hamami yang telah mewakafkan tanah dan masjid di lingkungan pesantren yang dipimpinnya.

“Pak Bupati responnya sangat cepat. Ketika kami sampaikan tidak ada rest area dan masjid di sepanjang jalan ini, beliau langsung memberikan respon. Sehingga terlaksana peletakan batu pertama ini,” ujar Abah Cisayar.

Dirinya, kata Abah Cisayar, memikiki kesan yang mendalam terhadap Marwan dari segi kedermawanannya terhadap umat. Demi umat dan agama, Marwan ikhlas mewakafkan tanahnya yang terletak di lokasi strategis dan bernilai ekonomi yang tinggi.

Di penghujung kegiatan, para hadirin antara lain para pejabat dan pegawai Pemkab Sukabumi ramai-ramai menyerahkan bantuan untuk menunjang pembangunan Masjid Al-Afghani. (*)

Print Friendly, PDF & Email