Bawaslu dan Apdesi Deklarasikan Netralitas Kepala Desa pada Pilbup 2020

oleh -
Para kepala desa se-Kabupaten Sukabumi yang diwakili Apdesi dan para kepala desa dari enam daerah pemilihan mendeklarasikan netralitas pada Pilbup 2020.

Wartawan Aep Saepudin  

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Sukabumi menggelar deklarasi netralitas para kepala desa (kades) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Sukabumi tahun 2020 di Hotel Selabintana Sukabumi, Jumat (21/8/2020). Deklarasi itu disampaikan pada acara sosialisasi netralitas kades pada Pilbup 2020.

banner 970x90

Acara sosialisasi dan deklarasi itu dihadiri 47 kepala desa yang merupakan perwakilan dari 6 daerah pemilihan se-Kabupaten Sukabumi sebagai pihak yang paling berkepentingan pada kegiatan tersebut.

Selain itu tampak hadir Bawaslu Kabupaten Sukabumi, kominioner Bawaslu Provinsi Jabar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sukabumi Tendy Hendrayana, Sekretaris Badan Bakesbangpol Kabupaten Sukabumi, dan Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin.

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Teguh Hariyanto menyampaikan, tujuan dari sosialisasi dan deklarasi netralitas adalah untuk memberikan pemahaman dan penguatan tekad para kades dalam menjaga netralitas mereka pada Pilkada serentak tahun 2020.

“Melalui kegiatan ini, para kades diharapkan mampu dan siap melakukan pencegahan terjadinya pelanggaran asas-asas netralitas dalam pelaksaan Pilkada,” ujar Teguh.

Para kades, lanjut Teguh, harus bisa membuat strategi dan tata cara dalam melaksanakan prinsip-prinsip netralitas selama tahapan-tahapan Pilbip 2020 di Kabupaten Sukabumi.

Hal senada disampaikan Komisioner Bawaslu Provinsi Jabar selaku Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Sutarno. Berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 2020, ujar Sutarno, kepala desa tidak boleh membuat keputusan atau mengambil tindakan yang dapat menguntungkan atau merugikan pihak-pihak tertentu dalam Pilkada.

“Jadi kepala desa dan perangkat desa harus menjaga netralitas. Ada larangan-larangan  yang harus dipatuhi dan ditaati oleh kepala desa dan jajarannya,” jelas dia.

Sutarno mengharapkan kegiatan sosialisasi tersebut dapat memberikan pemahaman tentang netralitas kepada para kades sehingga Pilkada di Kabupaten Sukabumi bisa berjalan dengan luber dan jurdil.

Sementara itu Kepala DPMD Kabupaten Sukabumi Tendy Hendrayana mengatakan, para kades harus melaksanakan kewajiban dan menjauhi segala larangan dalam pelaksanaan Pilkada. Dia menekankan pentingnya netralitas para kades untuk mewujudkan Pilkada yang aman, lancar, dan sukses.  

“Semua tindakan, perbuatan, dan langkah para kepala desa kaitannya dengan Pilkada harus selalu berpijak pada aturan. Para kades mesti dapat memastikan dirinya berada pada posisi netral,” kata Tendy. 

Di akhir kegiatan, para kepala desa membacakan dan menandatangani Deklarasi Netralitas Kepala Desa pada Pilbup Sukabumi tahun 2020 yang diwakili oleh Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi. Naskah netralitas kades juga ditandatangani oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi. (*)

Print Friendly, PDF & Email