Wali Kota Dorong UMKM Tembus Pasar Online

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi bersama Koordinator Tim Pasar Sukabumi, Sri Fuji Rahayu dan Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sumarni pada peluncuran situs pemasaran online www.pasarsukabumi.com.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi siap mendorong pelaku UMKM untuk dapat menembus pasar online melalui aplikasi yang simpel dan familiar. Hal ini penting untuk mendongkrak perekonomian UMKM dalam menghadapi persaingan global di tingkat nasional dan internasional.

banner 970x90

Hal itu dilontarkan wali kota setelah grand opening aplikasi market secara online www.pasarsukabumi.com di Balai Kota Sukabumi, Selasa (21/7/2020). Sesuai dengan kondisi saat ini, ujar Fahmi, UMKM juga harus memanfaatkan sistem pemasaran berbasis teknologi. Mereka sulit menembus pangsa pasar di luar daerah atau negara lain jika masih berkutat dengan sistem pemasaran manual.

“Karena itu kami mengapresiasi kehadiran Pasar Sukabumi. Melalui pasarsukabumi.com,  kami bantu produk UMKM untuk dipasarkan ke berbagai daerah dan luar negeri,” kata wali kota.

Dalam menjalankan peran dan fungsinya membantu UMKM, tim Pasar Sukabumi yang mengelola situs pasarsukabumi.com bekerja sama dengan pendamping UMKM Jabar Juara.

Tim Pasar Sukabumi selalu jeli melihat potensi dan peluang pasar produk UMKM Kota Sukabumi. Karena itu timnya diberi nama Mata Elang Team. Tim ini siap membantu pemasaran produk UMKM asli Kota Sukabumi memanfaatkan sistem online.

“Jangan berlarut-larut  dalam kesedihan akibat pandemi Covid-19. Sekarang saatnya kita kerja sama untuk memulihkan ekonomi. Dunia usaha harus melibatkan teknologi untuk pemasaran, pendistribusian, dan transaksi,” tuturnya.

Fahmi yakin Pasar Sukabumi bisa membangkitkan UMKM di Kota Sukabumi. Rezeki memang telah diatur oleh Allah SWT, lanjutnya, tetapi manusia harus tetap berikhtiar dan berusaha. Dia mengimbau pelaku UMKM di Kota Sukabumi untuk meyakinkan potensi dari sendiri bahwa UMKM rumahan bisa naik kelas dan terkenal di Indonesia bahkan hingga menca negara.

“Kami berharap  adanya pendamping UMKM Jabar Juara, UMKM di Kota Sukabumi bisa bangkit bersama-sama,” kata wali kota.

Sementara itu Koordinator Tim Pasar Sukabumi, Sri Fuji Rahayu menjelaskan, pasarsukabumi.com akan menghimpun produk pelaku UMKM yang ada di  Kota untuk dibantu pemasarannya.

Di tengah masa pemulihan, ujar Fuji, timnya ingin membangkitkan kembali UMKM di Sukabumi. Sejauh ini sebanyak 247 UMKM  telah bergabung dengan Pasar Sukabumi. Setiap UMKM memiliki lebih dari satu produk, bahkan ada yang sampai 5 item. 

“Kami siap mengangkat citra produk UMKM agar lebih terkenal. Jenis produk yang kami bantu pemasarannya antara lain makanan, minuman, kerajinan, dan hasil pertanian,” kata Sri.

Pada grand opening pasarsukabumi.com itu tampak hadir Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sumarni. Di tengah acara, Kapolres berbaur dengan para pelaku UMKM yang selama aktif dan berkiprah di Kota Sukabumi. (*)

Print Friendly, PDF & Email