AJISU Apresiasi Kehadiran Kowasi untuk Wujudkan Sukabumi Lebih Baik

oleh -
Ketua AJISU, Ir. Jaya Taruna.

Wartawan Dicky Sopyan

Kiprah dan dinamika Kowasi (Komunitas Wartawan Sukabumi) mendapat pengakuan dari berbagai media massa dan organisai lainnya. Dari puluhan organisasi yang mengakui dan mengapresiasi eksistensi Kowasi dalam mewujudkan visi Sukabumi lebih baik, salah satunya adalah AJISU (Aliansi Jurnalis Independen Sukabumi Utara).

banner 970x90

Dalam perpincangan santai lewat aplikasi pesan multiplatform WhatsApp dengan Ketua Umum AJISU, Ir. Jaya Taruna terungkap pengakuan dan apresiasi terhadap peran dan kiprah Kowasi dalam membangun kehidupan pers sebagai pilar keempat demokrasi. Kowasi, kata Jaya, telah melakukan berbagai langkah dan tindakan yang melebihi tugas dan kewajibannya sebagai organisasi wartawan.

“Banyak hal yang telah dilakukan Kowasi. Tidak hanya untuk meningkatkan profesionalisme wartawan, Kowasi juga mengambdikan diri untuk memajukan dan membangun daerah dalam rangka mewujudkan Sukabumi lebih baik,” kata Jaya kepada wartawan, Selasa (21/7/2020).

Kowasi yang berdiri tahun 2010, ujar dia, sukses melewati masa-masa sulit di awal-awal masa perjuangannya. Di bawah kepemimpinan Yudi Suyudi, kata Jaya, Kowasi dapat menunjukkan kiprah nyatanya sebagai organisasi wartawan yang diperhitungkan oleh berbagai kalangan.

Jaya menegaskan, Kowasi semakin maju dari waktu ke waktu. Hal itu dapat terwujud berkat roda organisasinya yang dapat berputar dengan kencang disertai kesiapan personel di dalamnya dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Dalam padangannya, Kowasi selalu kompak, eksis, dan selalu berada dalam satu komando.

“Pada kesempatan ini saya juga mengucapkan Selamat Ulang Tahun yang ke-50 buat Pak Yudi. Beliau berulang tahun tanggal 20 Juli kemarin. Pak Yudi itu sahabat saya sejak lama. Persahabatan kami tidak terpisahkan oleh ruang dan waktu,” ungkapnya.

Demi terwujudnya Sukabumi lebih baik dan persahabatannya dengan Yudi Suyudi, Jaya selalu siap untuk membantu Kowasi. Ketika ditawari untuk duduk di jajaran penasihat Kowasi, Jaya tidak menbolaknya. Dia merasa bangga bisa bergabung dan berkiprah bersama dengan keluarga besar Kowasi.  

“Saya siap membantu Kowasi untuk duduk di jajaran penasihat karena saya dan Ketum Kowasi adalah sahabat lama. Saya tahu persis sepak terjang dan perjuangan beliau untuk menjadikan para wartawan sebagai pelaku profesi terhormat,” ujar Jaya.

Beberapa waktu lalu, Kowasi menggelar Muslub di Ujunggenteng. Salah satu hasil dari Muslub adalah penyegaran struktur organisasi untuk mengimbangi kemajuan zaman dan dinamika sosial. Selain itu Kowasi mencanangkan program jangka menengah yaitu pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dengan tim penguji dari Dewan Pers.

Jumlah anggota Kowasi yang aktif dan terdaftar telah mencapai lebih daripada 125 orang. Mereka berasal dari berbagai media cetak, media elektronik, dan media online. Di samping itu, Kowasi memiliki media online infokowasi.com yang masuk papan atas di tingkat regional berdasarkan sistem ranking dari Alexa. (*)  

Print Friendly, PDF & Email