Bupati Usulkan Prioritas Pengembangan Geopark oleh Pusat

oleh -
Menko Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan menekan sirine tanda peluncuran program satu juta nelayan berdaulat di Pantai Palangpang, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Tampak mendampingi Menko antara lain Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum (tengah) dan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kedua dari kanan).

Wartawan Usep Mulyana

Bupati Sukabumi mengusulkan pengembangan kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu dengan dijadikan program prioritas oleh pemerintah pusat. Menurut bupati, jika usulan tersebut dikabulkan, kesejahteraan masyarakat, termasuk nelayan di dalamnya dapat cepat terwujud.

banner 970x90

Usulan bupati itu disampaikan di depan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman RI, Luhut Binsar Panjaitan pada acara peresmian  Gerai Satu Juta Nelayan Berdaulat dan Penglepasan Nelayan pada Pilot Project Program Satu Juta Nelayan Berdaulat di TPI Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/7/2019).

“Mudah-mudahan Bapak Menko Bidang Kemaritiman bisa menyampaikan usulan kami kepada Bapak Presiden terkait percepatan pengembangan geopark untuk dimasukkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional,” ujar bupati.

Pengembangan geopark, ujar Marwan, diyakininya dapat mendatangkan investasi yang mempercepat peningkatan  kesejahteraan masyarakat. Selama ini Pemkab Sukabumi selalu terus berupaya untuk mengembangkan dan menata kawasan geopark agar mendatangkan manfaat yang optimal kepada masyarakat.

Pada kegiatan itu, Menko Luhut yang didampingi Bupati Sukabumi dan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum meresmikan gerai fishmart yang ditandai dengan penandatanganan prasasti. Menko juga menyerahkan bantuan berupa 1 unit perahu tangka, 1 unit ambulans, bantuan uang untuk pengembangan usaha kecil menengah, dan bantuan modal untuk melaut kepada nelayan.

Gerai fishmart dilengkapi dengan sarana untuk memasarkan ikan secara digital. Melalui gerai tersebut, para nelayan juga dapat memanfaatkan program-program yang berhubungan dengan pengembangan ekonomi dan kesejahteraan mereka.

Dalam pidatonya, itu Menko Bidang Kemaritiman mengatakan, saat ini perekonomian  Indonesia termasuk salah satu yang perkembangannya paling baik di dunia. Semua kalangan, ujar dia, harus merespon perkembangan ekonomi tersebut dengan meningkatkan kerja sama dan sinergitas.

Kepada para nelayan, Luhut mengajak untuk selalu memelihara sarana penangkap ikan, berdisiplin, dan menjaga kebersihan di tempat mereka beraktivitas. Selain itu, para nelayan harus terus menjalin dan meningkatkan sinergitas di antara mereka dan pelaku usaha lainnya.

“Sekarang kita harus mempunyai respon yang bagus  terhadap perkembangan ekonomi kita. Saya senang dan mengapresiasi kerja sama yang selama ini terjalin dengan baik dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para nelayan,” tutur Menko.

Sementara itu Wagub Jabar menyampaikan, para pemimpin di semua tingkatan memiliki kewajiban untuk mensejahterakan masyarakat. Begitu juga Pemprov Jabar selalu melaksanakan dan mengembangkan program-program untuk kesejahteraan masyarakat, termasuk nelayan. Hal ini sejalan dengan visi Gubernur Jawa Barat yaitu Jabar Juara Lahir Batin.

Di tempat kegiatan tampak para pejabat daerah antara lain Danrem 061/Suryakencana, Letkol Inf Novi Helmy Prasetya; Dandim 0622, Letkol Inf Haris Sukarman; Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi; dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi, Abdul Kodir. (*)

Print Friendly, PDF & Email