Partisipasi Pemilih di Cicantayan Naik 13 Persen

oleh -
Ketua PPK Cicantayan, Palah seusai memimpin rapat pleno penghitungan dan rekapitukasi suara hasil Pemilu 2019.

Wartawan AEP SAEPUDIN (Kowasi)

Angka partisipasi pemilih pada Pemilu di Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi naik sebesar 13 persen dibandingkan partisipasi pemilih pada Pilgub 2018 lalu. Partisipasi pemilih pada Pilgub lalu mencapai 68 persen, sedangkan pada Pileg dan Pilpres tahun mencapai 81 persen.

banner 970x90

“Kenaikan angka partisipasi ini merupakan hasil kerja keras dan kerja sama semua pihak dalam mensosialisasikan Pemilu 2019,” kata Ketua PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Cicantayan, Palah setelah memimpin rapat pleno penghitungan dan rakapitulasi suara di aula Madrasah Babusalam, Jalan Cicantayan, Desa Cimahi, Kecamatan Cicantayan, Minggu (20/4/2019). 

Dia yakin ke depannya, tingkat partisipasi warga pada Pemilu maupun Pilkada akan meningkat lagi sejalan dengan naiknya kesadaran politik masyarakat. Secara keseluruhan, pelaksanaan Pemilu di wilayah Kecamatan Cicantayan berjalan dengan aman, damai, dan lancar.

“Alhamdulillah pelaksanaan pemilihan  di Kecamatan Cicantayan berjalan tanpa ada hambatan apapun,  termasuk dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi suara juga berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Palah.

Rapat pleno PPK Cicantayan dihadiri Ketua Panwaslu Kecamatan Cicantayan Deni, para Ketua dan anggota KPPS dari 8 desa, jajaran kepolisian dan TNI dari Polsek dan Koramil Cibadak, dan para saksi dari parpol maupun pasangan capres dan cawapres. Pihak yang tidak mengirimkan saksi hanya peserta Pemilu DPD RI.

“Insya Allah hari ini kita akan menggeser kotak suara plus surat suara ke KPU Kabupaten Sukabumi,” tuturnya.

Tidak lupa, Palah juga menyampaikan terima kasih kepada semua lapisan masyarakat Cicantayan yang telah berperan aktif dalam penyelenggaraan pemilihan sehingga

Tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu meningkat. Ucapan yang sama juga disampaikan kepada jajaran TNI dan Polri yang telah membantu pengamanan Pemilu 2019 di wilayah kerja PPK Cicantayan.

Hasil dari penghitungan dan rekapitulasi suara untuk Pilpres pasangan 01 Joko Widodo-KH. Ma’ruf Amin meraih 7.450 suara dan pasangan 02 Prabowo Subianto-Sandaiaga Uno meraih 25.925 suara.

Untuk DPR RI, perolehan tiga besar diraih oleh Desy Ratnasari/PAN (2.547 suara), Heri Gunawan/Partai Gerindra (2.451 suara), dan H. Mohammad Muraz/Partai Demokrat (1.462 suara). 

Untuk DPRD Kabupaten Sukabumi, peraih suara tertinggi adalah Agung Nugraha/Partai Demokrat (2.185), Dzulfikar Ali Hakim/PAN (2.173), dan Hera Iskandar/Partai Gerindra (2.110).

Adapun perolehan suara tertinggi untuk DPRD Provinsi Jawa Barat diraih oleh Hendar Darsono/Partai Demokrat (2.895), M. Jaenudin/PDI Perjuangan (2.372), dan Desy Susilawati/PAN (1.075).

Untuk DPD RI, peraih suara tertinggi adalah Oni Suwarman  (5.448), AA  Jaenudin (1.559), dan KH. Amang Saprudin (1.420). (*)

Print Friendly, PDF & Email