Kapolda-Pangdam Monitoring Penghitungan Suara di Sukabumi

oleh -
Kapolda Jabar, Irjen. Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si. memberikan keterangan seputar kunkernya di tengah tahapan penghitungan dan rekapitulasi suara hasil Pemilu 2019 tingkat kecamatan.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Kapolda Jabar, Irjen. Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si. dan Pangdam III/Siliwangi Mayjen (TNI) Tri Soewandono melakukan kunjungan kerja (kunker) dalam rangka memantau kegiatan penghitungan suara tingkat kecamatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi, Minggu (21/4/2019).

banner 970x90

Lokasi yang dikunjungi kedua petinggi dari Bandung itu adalah GOR Purwasedar, tempat rapat pleno PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Cicurug, Kabupaten Sukabumi dan GOR Suryakencana, lokasi rapat pleno PPK Warudoyong, Kota Sukabumi. Dalam kunker ke Cicurug, Kapolda dan Pangdam didampingi Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Adjo Sardjono dan Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi.

Dalam keterangannya, Kapolda Jabar menyampaikan, kunker yang dilakukannya bersama Pangdam III/Siliwangi bertujuan untuk memastikan terpenuhinya dan berjalannya Standar Operasional dan Prosedur (SOP) dalam perhitungan suara di semua tingkatan. Kelancaran proses rapat pleno di semua tingkatan, lanjutnya, harus dijamin oleh semua kalangan, termasuk TNI dan Polri.

“Kami ingin memastikan rapat pleno PPK mendapat penjagaan dari petugas Polri dan TNI yang dibantu oleh aparat pemerintah.,” ujar Agung.

Kapolda mengharapkan rapat pleno penghitungan suara di tingkat kecamatan oleh PPK berjalan aman dan lancar sehingga hasil penghitungan dan rekapitulasi dapat segera dikirim ke KPU Kabupaten Sukabumi.

Selanjutnya hasil pleno di tingkat penyelenggaraan Pemilu di kecamatan, lanjut dia, dapat segera dilakukan penghitungan dan rekapitulasi di tingkat kabupaten oleh KPU Kabupaten Sukabumi. Kapolda mengharapkan, kunker yang dilakukannya dapat mempercepat dan memperlancar rapat pleno penghitungan dan rekapitulasi suara hasil Pemilu 2019 di Kabupaten Sukabumi. 

“Penghitungan suara yang aman dan lancar adalah harapan kita semua. Agar harapan itu terwujud, maka untuk itu jaminan keamanan dalam proses penghitungan suara menjadi prioritas kami. Adapun terkait teknis penghitungan dan rekapitulasi di tingkat kecamatan, itu semua kami percayakan kepada PPK dan Panwaslu setempat,” ujar Kapolda Jabar.

Dari Cicurug, Agung dan Tri Soewandono melanjutkan peninjauannya ke Kota Sukabumi, tepatnya di GOR Suryakencana, Kecamatan Waudoyong untuk monitoring rapat pleno PPK Warudoyong. Sebelumnya Kapolda dan Pangdam telah berkeliling ke Bandung, Cimahi, Karawang,  dan Bogor dengan menggunakan helikopter. (*)

Print Friendly, PDF & Email