Pendaftar Mudik Gratis Mencapai Hampir Separuh dari Kuota

oleh -
Petugas penerima pendaftaran cukup sibuk melayani warga yang akan memanfaatkan program Mudik Gratis dari Dishub Kota Sukabumi.

Wartawan YUS F. PURWASARI (PWI)

Jumlah pendaftar program mudik gratis Idul Fitri 1440 H yang diselenggarakan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi sudah mencapai 356 orang atau kira-kira 45 persen dari kuota 800 penumpang. Pada hari kedua, Kamis (21/3/2019), para calon peserta sudah memenuhi meja pendaftaran untuk perjalanan mudik Sukabumi-Solo dan Sukabumi-Yogyakarta. 

banner 970x90

Pada program mudik tersebut, Dishub Kota Sukabumi menyediakan 16 bus. Pendaftaran dibuka dari tanggal 20 Maret sampai dengan 20 Mei 2019 atau sampai dengan kuota terpenuhi. Dishub menyediakan tiga rute perjalan mudik gratis yakni Sukabumi-Yogyakarta lewat pantura, Sukabumi-Yogyakarta lewat selatan, dan Sukabumi-Solo lewat Semarang. 

“Antusias masyarakat terhadap mudik gratis ini sangat tinggi, Baru dua hari dibuka hampir setengah dari kuota sudah tercapai,” kata  Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada Dishub Kota Sukabumi, Imran Whardani ditemui di Posko Mudik Gratis.

Rombongan pemudik yang memanfaatkan program tersebut akan diberangkatkan pada 1 Juni 2019 atau H-4 dan dilepas oleh Wali Kota Sukabumi. Sebagian dari pendaftar ada yang berasal dari wilayah Kabupaten Sukabumi seperti Cisaat, Cibadak,Parungkuda, dan Cicurug.

“Sampai hari kedua, dari tiga rute yang disediakan, tujuan ke Solo yang paling banyak peminatnya,” jelas Imran. 

Untuk tujuan Yogyakarta, pemudik yang memilih jalur utara akan melewati Tol Cipali-Tegal-Bumiayu-Purwokerto-Kebumen-Puworejo-Wates-Yogyakarta), tujuan Yogyakarta via selatan akan menempuh rute Sukabumi-Tol Purbaleunyi-Malangbong-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar-Purwokerto-Kebumen-Puworejo-Wates-Yogyakarta), dan tujuan Solo via Semarang akan melewati SukabumiTol Cipali-Tegal-Pekalongan-Semarang-Boyolali-Solo).

Ditemui di tempat pendaftaran, Sutoyo (51), warga Cijangkar, Kelurahan Nanggeleng, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi menjelaskan, dia dan keluarganya akan mudik Lebaran ke Solo. Jumlah anggota keluarga yang akan mudik mencapai 4 orang yaitu dia sendiri, istri, dan kedua anaknya. Jika menggunakan angkutan umum, perjalanan bolak-balik Sukabumi-Solo untuk empat orang bisa menghabiskan dana sebesar Rp2 juta.

“Saya sudah dua kali ikut program mudik gratis ini. Ini yang ketiga kalinya. Program ini sangat baik dan membantu warga. Karena itu kami menyampaikan terima kasih kepada Pemda Kota Sukabumi. Mudah-mudahan program ini terus ada setiap tahun,” kata Sutoyo. (*)

Print Friendly, PDF & Email