Bupati: Proposal Pembangunan Jangan Masuk ke Dinas

oleh -
Para peserta Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Sukabumi tahun 2020 menyimak arahan dari Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami.

Wartawan AEP SAEPUDIN (Kowasi)

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menegaskan, dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, tidak boleh lagi ada proposal program atau kegiatan dari masyarakat masuk ke dinas-dinas. Sebab semua program dan kegiatan pembangunan harus dibahas dan diputuskan dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) secara berjenjang.

Penegasan bupati itu disampaikan saat meresmikan Musrenbang tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2020 bertempat di GOR Cisaat, Kamis (21/3/2019). Melalui musrenbang, semua kegiatan pembangunan dibahas sejak tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten. 

“Dari hasil musrenbang, semua perencanaan pembangunan di Kabupaten Sukabumi harus secepatnya dimasukkan ke dalam dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau RKPD yang bisa dilakukan secara online. Karena itu saya tegaskan, tidak boleh ada lagi proposal-proposal pembangunan yang masuk ke dinas. Kegiatan pembangunan harus direncanakan secara berjenjang melalui musrenbang,” ujar Marwan. 

Pada acara Musrenbang Kabupaten Sukabumi 2020 itu tampak hadir para kepala SKPD, unsur Polres Sukabumi, Kodim 0607, OKP, LSM, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Bupati menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada hadirin yang memberikan perhatian pada kegiatan musrenbang tersebut.

“Melalui acara ini, seluruh peserta dan SKPD hendaknya dapat memberikan pendapat dan pandangan terkait perencanaan pembangunan tahun depan. Hal ini penting dalam rangka mewujudkan cita cita bersama yaitu masyarakat yang religius dan mandiri menuju Sukabumi yang lebih baik,” kata Marwan.

Dengan perencanaan yang baik, lanjutnya, penggunaan APBD Kabupaten Sukabumi, khususnya dalam kegiatan pembangunan dan pemberdayaan akan lebih tepat sasaran. Dia mengharapkan semua SKPD dan jajarannya dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya untuk mencapai harapan bersama. (*)

Print Friendly, PDF & Email