Bersama Mendag dan Gubernur, Wali Kota Hadiri Hari Konsumen

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi (kedua dari kiri) bersama Gubernur Jawa Barat, H. Ridwan Kamil (paling kanan) menyaksikan penandatanganan prasasti peresmian Unit Metrologi Legal Kota Sukabumi oleh Mendag RI, Enggartiasto Lukita.

Wartawan YUS F. PURWASARI (PWI)

Puncak peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2019 yang dipusatkan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (20/3/2019) disertai peresmian 251 Unit Metrologi Legal (UML) di seluruh Indonesia oleh  Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Enggartiasto Lukita. Satu di antara daerah yang diresmikan UML-nya adalah Kota Sukabumi.

Penandatanganan prasasti UML Kota Sukabumi oleh Mendag disaksikan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi bersama Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Karena jumlah kantor yang diresmikan mencapai ratusan dan terbanyak untuk acara peringatan tingkat nasional, panitia peringatan Harkonas 2019  dianugerahi penghargaan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).

“Kehadiran Unit Metrologi Legal merupakan salah satu upaya mengawal dan meningkatkan perlindungan pada konsumen. Kehadiran unit ini akan membuat semakin efektif dalam melakukan langkah-langkah persiapan untuk melaksanakan kegiatan tera, tera ulang, dan pengawasan. Sehingga dapat tercipta perlindungan konsumen dan kebenaran hasil pengukuran,” ujar Fahmi setelah mengikuti kegiatan peringatan Harkonas.

Pemkot Sukabumi, ujar dia, akan rutin melakukan kegiatan pengawasan ke lapangan,  baik pasar maupun tempat berjualan lainnya dan senantiasa mendorong optimalisasi pelaksanaan pengawasan kemetrologian. Upaya ini untuk menciptakan tertib ukur di Kota Sukabumi. 

“Hal ini penting untuk menjamin terpenuhinya hak konsumen dalam hal kejelasan penimbangan atau alat ukur yang digunakan. Dengan demikian, Unit Metrologi Legal akan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat,” ujar wali kota. (*)

Print Friendly, PDF & Email