Pemkot Sukabumi Dukung Inovasi Teknologi Robotik

oleh -
Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami menyatakan support pada aplikasi teknologi robotik di dunia pendidikan.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Pemkot Sukabumi mendukung inovasi dalam dunia pendidikan dengan mengenalkan teknologi robotik ke siswa di tingkat sekolah dasar (SD). Dukungan ini  penting untuk menerapkan teknologi robotik di kalangan pelajar dalam menyongsong era Revolusi Industri 4.0.

banner 720x90

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami saat meresmikan Seminar Pendidikan Robotic bertema sains dan teknologi robotika yang diselenggarakan Pasim Robotic Center, Yayasan Pasim Ar-Rayyan Sukabumi di Hotel Maxone, Kamis (20/2/2020).

Pada seminar itu tampak hadir para peserta seminar yakni para guru tingkat SD di Kota Sukabumi. Wali kota juga menyampaikan pujian terhadap seminar robotik tersebut.

”Kegiatan ini merupakan terobosan luar biasa bagi dunia pendidikan dan dunia intelektual. Melalui kegiatan ini kita dapat mempersiapkan diri dalam mengarungi era digital dan teknologi informasi yang begitu cepat perubahannya dari waktu ke waktu,” ujar Andri.

Pemahaman terhadap teknologi robotik, kata dia, sangat penting untuk mencapai kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam rangka mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur melalui pendidikan yang berkualitas dengan orientasi pada pencetakan SDM yang kompetitif dan berkarakter.

Apalagi, lanjut Andri, teknologi robotik di era globalisasi memiliki peran yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu semua elemen masyarakat dituntut untuk mempelajari teknologi robotika agar mampu berkompetisi dalam dunia sains dan teknologi di era globalisasi.

banner 720x90

”Kami harapkan para guru agar serius menindaklanjuti dan mengembangkan program penyelarasan pendidikan, khususnya untuk mensukseskan tujuan pendidikan nasional dalam rangka mendukung implementasi era revolusi industri,”  kata Andri.

Peninjauan ke stan pameran robotik pada Seminar Pendidikan Robotic bertema sains dan teknologi robotika yang digagas Pasim Robotic Center.

Hendaknya  para guru mendorong anak didik bisa membuat program robotik yang ada kaitannya demgam keperluan sehari-hari mereka seperti untuk shalat lima waktu dan jadwal belajar. Sehingga nantinya para pelajar akan akrab dengan dunia robotika.

”Pemda akan support penerapan teknologi ini dalam pendidikan, dari yang awalnya pembelajaran konvensional menjadi sistem yang menggunakan teknologi robotik,” ujarnya. 

Pemanfaatan teknologi robotik di era digital tidak hanya di dunia pendidikan, bidang yang lainnya pun membutuhkan sentuhan teknologi ini seperti pertanian dan pemerintahan. Tentu saja hal itu harus diimbangi dengan peningkatan kualitas SDM. (*)

Print Friendly, PDF & Email