Pemkot Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-turut

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi (kiri) menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan atas peraihan Opini WTP dalam pemeriksaan BPK RI yang diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat, H. Ridwan Kamil.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Pemkot Sukabumi kembali meraih Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) atas hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) lima kali berturut-turut. Tahun ini, Pemkot Sukabumi meraih Opini WTP untuk pemeriksaan tahun anggaran 2018. Atas prestasi yang diraihnya itu, Pemkot Sukabumi menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan RI.

“Alhamdulillah dengan diraihnya kembali Opini WTP untuk tahun anggaran 2018, Kota Sukabumi telah lima kali berturut-turut mendapatkan penghargaan ini yakni sejak tahun 2014,” kata Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi kepada wartawan, Rabu (20/11/2019).

Pengumuman dan penyerahan penghargaan WTP dilaksanakan pada kegiatan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan penyerahan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) di Hotel Hilton Jalan HOS Tjokroaminoto, Kota Bandung, Selasa (19/11/2019) sore.

Penghargaan diterima langsung oleh Wali Kota Sukabumi dari Gubernur Jawa Barat,  H. Ridwan Kamil dan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi  Jawa Barat, Saat MT Panggabean. Ketika menerima penghargaan, wali kota didampingi  Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dida Sembada.

Dengan diraihnya Opini WTP selama lima tahun tanpa putus, ujar Fahmi, aparat Pemkot Sukabumi akan terdorong untuk  menggunakan anggaran sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain itu penggunaan APBD harus mengacu pada prinsip tepat sasaran. Dia juga menginstrusikan jajarannya untuk selalu meningkatkan kualitas laporan keuangan.

“Pertahankan prestasi ini dengan melakukan perbaikan dalam penggunaan dan palaporan keuangan. Kami harapkan setiap tahun Kota Sukabumi dapat mempertahankan Opini WTP dan tentu saja tanpa adanya tindak pidana korupsi,” ujar Fahmi.

Di sisi lain terkait penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi TKKD, wali kota mengatakan, sebagaimana pesan gubernur, satuan kerja perangkat daerah (SKPD) harus semakin memperkuat reformasi birokrasi di instansinya masing-masing. Aparatur di lingkungan Pemkot Sukabumi harus terus meningkatkan inovasi dalam berbagai pelayanan kepada masyarakat.

“Hal ini penting untuk terpenuhinya berbagai unsur dalam  percepatan pembangunan,” kata wali kota. (*)

Print Friendly, PDF & Email