Awal Musim Hujan, Bupati Kebanjiran Penghargaan

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kiri) menerima berbagai penghargaan dari Gubernur Jawa Barat, H. Ridwan Kamil atas prestasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan kerja sama daerah.

Wartawan AEP SAEPUDIN

Awal musim hujan di akhir tahun ini membawa berkah tersendiri bagi masyarakat dan Pemkab Sukabumi. Betapa tidak, pada kegiatan gabungan yang digelar oleh Pemprov Jawa Barat di Ballroom Hotel Hilton Bandung, Selasa (19/11/2019), Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menerima lima penghargaan sekaligus.

Kelima penghargaan tersebut diberikan oleh Gubernur Jawa Barat H. Ridwan Kamil kepada Bupati Sukabumi. Penghargaan pertama untuk pencapaian Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dalam pemeriksaan BPK selama lima kali berturut-turut dari Kementerian Keuangan.

Kemudian penghargaan Juara II Kategori Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD), penghargaan dari Gubernur Jawa Barat Sebagai Pemerintah Kabupaten Berkinerja Terbaik III, dan peringkat III kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah tingkat kabupaten berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD). 

Penghargaan kelima berupa Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa dari APBN Tahun 2020. Gubernur memberikan kesempatan kepada para pemenang untuk mengikuti pelatihan dalam peningkatan kemampuan aparatur di Korea Selatan, Singapura, atau Amerika.

Seusai menerima penghargaan, bupati mengatakan, penghargaan yang diterimanya harus dijadikan supporting bagi masyarakat dan Pemkab Sukabumi untuk membangun dan memajukan daerah. Dia menyambut kesempatan pelatihan di berbagai negara yang diberikan oleh gubernur.

“Kesempatan yang diberikan Bapak Gubernur untuk mengikuti pelatihan di Korea Selatan, Singapura, atau nanti ke Amerika harus kita manfaatkan karena hal ini penting untuk menguatkan sumber daya manusia di lingkungan Pemkab Sukabumi,” ujar Marwan.

Pada acara itu, gubernur mengingatkan para kepala daerah untuk memperhatikan kualitas infrastruktur yang dibangun dengan APBD. Hendaknya ukuran prestasi daerah bukan tingkat penyerapan anggaran. 

“Jangan bangga penyerapan anggaran 90 persen tapi kualitas pekerjaannya di bawah standar. Jadi tolong jangan asal belanja tapi hasilnya tidak berkualitas,” ujar Ridwan Kamil.

Gubernur juga mengupas program pembangunan infrastruktur yang sedang dan akan dilaksanakan di Jawa Barat antara lain pembangunan kawasan Pangandaran, pembangunan jalan tol Jabar, dan pembangunan bandara di Sukabumi. Jawa Barat adalah provinsi optimis, dia yakin Jawa Barat akan lebih baik, lebih keren, dan lebih maju. (*)

Print Friendly, PDF & Email