Rumah Kreatif Milenial Polres Membina Eks Berandal dan Napi

oleh -
Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni pada peresmian Rumah Kreatif Milenial bersama Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi dan Dandim 0607 Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Satu lagi program inovatif diluncurkan Polres Sukabumi Kota terkait pembinaan dan pemberdayaan kelompok masyarakat milenial yang memiliki prospek masa depan cerah. Program dimaksud adalah Rumah Kreatif  Milenial Polres Sukabumi Kota yang merupakan wadah bagi 27 eks berandal motor dan narapidana (napi) untuk menjalani proses hijrah dan penataan kehidupan baru yang lebih kreatif dan produktif.

banner 970x90

Rumah Kreatif Milenial mengambil tempat di sebuah rumah berukuran 100 meterpersegi di Jalan Cipelang Leutik, Selabatu, Cikole Kota Sukabumi. Peresmian Rumah Kreatif Milenial dilakukan oleh Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni, Senin (20/7/2020).

Pada peresmian tersebut tampak hadir Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi dan Dandim 0607 Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo. Tampak pula para eks berandal dan napi yang akan menjadi peserta program.  

“Kami bangun Rumah Kreatif Milenial Polres Sukabumi Kota dengan dukungan penuh dari Forkopimda Kota Sukabumi.  Tujuannya untuk mewadahi anak-anak yang tadinya beraktivitas kurang positif menjadi lebih kreatif, inovatif,  dan mandiri,” kata AKBP Sumarni seusai acara peresmian.

Kapolres juga menyebutkan, jika para peserta program di rumah kreatif tersebut benar-benar mengikuti bimbingan dengan baik dan benar hingga selesai, mereka dapat mengembangkan jiwa kewirausahaannya dan menjadi pribadi yang mandiri, kreatif, inovatif, dan produktif.

“Program ini diluncurkan dalam rangka melahirkan dan membangun sumber daya manusia yang unggul di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota,” tuturnya.

Untuk tahap pertama, jumlah peserta program sebanyak 27 orang. Jika gelombang pertama sukses, ujar dia, Polres Sukabumi Kota akan mengadakan Rumah Kreatif Milenial gelombang kedua.

Sebelum masuk ke rumah kreatif, para peserta akan mendapat gemblengan mental dari jajaran Polres Sukabumi Kota. Diharapkan penggemblengan mental ini memberikan pengaruh positif sebelum para peserta menjalani proses pelatihan yang akan diberikan oleh para ahli di bidangnya masing-masing.

“Jika para peserta siap menghasilkan produk dan menunjukkan kesungguhan, insya Allah kami akan memberikan modal kepada mereka agar bisa mandiri di bidang usahanya yang ditekuni mereka,” pungkas AKBP Sumarni. (*)

Print Friendly, PDF & Email