DPRD Awasi Ketat Dana Refocusing Penanggulangan Covid-19

oleh -
Ketua DPRD yang juga Ketua Badan Anggaran DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara.

Wartawan Aep Saepudin (Kowasi)

DPRD Kabupaten Sukabumi akan mengawasi dengan ketat realokasi anggaran untuk refocusing penanganan Covid-19.  Dana APBD 2020 hasil realokasi harus digunakan untuk membiayai kegiatan padat karya guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

banner 970x90

Hal itu dikatakan Ketua DPRD yang juga Ketua Badan Anggaran (Bangar) DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukamagara seusai rapat dengan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) di Pendopo Sukabumi, Jumat (19/6/2020).  Rapat Bangar dengan TAPD membahas penggunaan anggaran refocusing untuk penanggulangan dampak Covid-19.

Besaran anggaran yang direalokasi untuk refocusing penanggulangan Covid-19 tidak main-main, cukup fantastis yakni Rp748 miliar dengan rincian sebesar Rp300 miliar diputar di Kabupaten Sukabumi, sementara selebihnya ditarik ke pusat atau provinsi.

“Intinya dana refocusing ini harus tepat sasaran. Kegiatan yang dibiayai dana ini mesti dapat meningkatkan pendapatan masyarakat yang terkena dampak wabah Covid-19,” ujar Yudha.

Dalam penggunaan dana hasil realokasi, pengguna anggaran diberi keluasaan- keluasaan pada saat melakukan belanja barang dan jasa karena kondisinya darurat. Alokasinya antara lain untuk pembuatan ruang isolasi, belanja alat-alat kesehatan, dan kegiatan pembangunan padat karya di desa. 

“Penggunaan dana tersebut tetap harus sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang berlaku. Kami tetap menjalankan fungsi pengawasan dan menginformasikan hasilnya kepda masyarakat,” tutur Yudha. 

Rapat akan ditindaklanjuti dengan rapat internal pada Senin pekan depan. Di rapat internal, ujar dia, akan dibahas perlu atau tidaknya Panitia Khusus (Pansus) terkait penggunaan dana refocusing untuk penanganan Covid-19. Ataukah cukup di bangar saja? Jawabannya dibahas pada rapat nanti.  

“Kalau dengan Pansus, kita bisa langsung uji materi atau uji petik ke lapangan,” jelas Yudha. 

Di tempat yang sama Ketua Tim TAPD yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri menjelaskan, pada rapat tersebut, anggota DPRD meminta informasi tentang perkembangan realisasi anggaran refocusing Covid-19 yang telah disepakati sebelumnya.

“Rapat  ini memberikan bahan buat Badan Anggaran untuk melakukan rapat selanjutnya,” ujar Iyos. (*)

Print Friendly, PDF & Email