Untuk Masyarakat, Kades Gunungkaramat Merogoh Kocek Pribadi

oleh -
Kepala Desa Gunungkaramat, Subaeta.

Wartawan M. Ridwan Cangehgar

Sifat dan kebiasaan Kades Gunungkaramat, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Subaeta sering mendapat apresiasi dan acungan dua jempol dari masyarakat. Dia tidak segan dan ragu merogoh koceknya sendiri untuk menyelesaikan persoalan yang dihadap warga Desa Gunungkaramat.

banner 970x90

Untuk warga yang menghadapi masalah, Subaeta langsung membantunya. Karena itu, warga yang rumahnya roboh, kecelakaan saat sedang bekerja, atau tidak ada makanan di rumah, Kades Subaeta merupakan satu-satunya solusi cepat untuk menyelesaikan masalah mereka. Dia tidak pernah menunda-nunda tempo untuk urusan membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan atau pertolongan segera.

“Saya tidak merasa rugi jika harus menangani permasalahan yang dihadapi warga dengan uang sendiri. Kalau menunggu bantuan dari pemerintah, waktunya lama karena harus melalui pengajuan dulu, sedangkan warga membutuhkan solusi dalam waktu cepat. Jadi sayalah yang turun tangan,” kata Subaeta ketika dihubungi lewat telepon selulernya, Rabu (20/5/2020).

Dalam menyelesaikan permasalahan warga, Subaeta juga sering menggerakkan warga setempat untuk saling membantu dan bergotong royong. Jadi uang pribadi yang dikeluarkannya ditunjang oleh swadaya masyarakat akan memberikan jawaban atas persoalan masyarakat secara efektif dan efisien.

“Kekompakan warga di desa kami  masih tetap terjaga dengan baik. Karena itu untuk menggerakkan mereka relatif tidak sulit,” ujarnya. 

Subaeta baru menjabat sekitar tiga bulan dalam posisi Kades Gunungkaramat. Sejak hari pertama menjalankan tugas, dia telah menunjukkan sifat kedermawanan untuk masyarakat dan kepentingan umum. Subaeta adalah tipe pemimpin yang merakyat dan rela berkorban untuk rakyat.  

“Saya menjadi kades tidak perlu dihormat dan dihargai. Itu tidak penting. Tujuan saya menjadi kades adalah untuk membangun desa dan membantu masyarakat. Saya akan selalu mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan keluarga,” tuturnya.

Subaeta sanggup memberikan materi, pikiran, dan tenaga kalau dibutuhkan oleh masyarakat. Tentu saja sesuai dengan kemampuannya. Dia akan berupaya untuk memenuhi janji kampanye  yakni mewujudkan masyarakat Gunungkaramat yang berakhlak dan berkarya. (*)  

Print Friendly, PDF & Email