Dishub Bayar Kompensasi untuk Juru Parkir

oleh -
Kepala UPT Parkir Dishub Kota Sukabumi, Rudi Hartono (kanan) saat penyerahan kompensasi kepada salah seorang juru parkir yang lahan usahanya ditutup oleh kebijakan PSBB.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Sejak diberlakukan larangan parkir di beberapa ruas jalan, pendapatan para juru parkir (jukir) dijamin oleh UPT Parkir Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi sebesar Rp50 ribu setiap hari. Untuk pembayaran kompensasi akibat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) itu, Dishub menyisihkan dana dari APBD.

banner 970x90

Kompensasi dibayarkan kepada 81 jukir yang bertugas di ruas-ruas jalan terlarang untuk parkir atas pemberlakuan PSBB. Ruas-ruas jalan yang selama ini paling sibuk yang kemudian dijadikan tempat terlarang untuk parkir terdiri dari Jalan A. Yani, Jalan Harun Kabir, Jalan Mayawati, dan Jalan Ciwangi. 

“Selama 14 hari di masa PSBB mereka tetap mendapatkan penghasilan. Apabila PSBB berlanjut kemungkinan kami akan mengajukan lagi kompensasi untuk mereka,” kata Kepala UPT Parkir Dishub Kota Sukabumi, Rudi Hartono saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (19/5/2020).

Setelah rehat dari aktivitas rutinnya, ujar Rudi, para jukir direkrut untuk bertugas di pintu-pintu penyekatan PSBB. Sebenarnya, kata dia, mereka ingin kembali bertugas sebagai jukir, apalagi saat ini sedang ramai-raminya musim belanja Lebaran.   

Penutupan empat ruas jalan lahan parkir, lanjutnya, berdampak pada pendapatan dari sektor perparkiran. Keseluruhan pendapatan dari parkir tinggal 20 persen dari pendapatan normal. Kemungkinan besar, target pemasukan dari parkir yang ditetapkan sebesar Rp1,8 miliar untuk tahun ini tidak akan tercapai.

“Bulan Juni nanti kami akan mengajukan kembali perubahan untuk target pendapatan parkir,” kata Rudi.

Wabah Covid-19 juga menunda rencana pengelolaan parkir oleh pihak ketiga yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juni 2020. Saat ini panitia seleksi rekanan masih membahas teknis lelang. Adapun Kerangka Acuan Kerja (KAK) kerja sama pengelolaan parkir tersebut telah selesai dibuat pada bulan Februari 2020. (*)

Print Friendly, PDF & Email