Disdukcapil Ambil Bagian dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih

oleh -
Di hari libur, Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar Ihfan (kiri) tetap memimpin pelayanan kepada masyarakat agar permohonan warga untuk memiliki dokumen kependudukan dapat terpenuhi secara merata.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Naiknya tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 di Kota Sukabumi tidak terlepas dari peran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat dalam mendorong peningkatan pelayanan pembuatan KK dan KTP. Sebab dalam praktiknya, KTP merupakan salah satu syarat untuk memperoleh surat suara dari KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) di TPS.

banner 970x90

“Kami beserta KPU sejak awal sudah mendorong masyarakat melalui sosialisasi untuk membuat KTP atau surat keterangan supaya dapat menyalurkan suaranya pada Hari H Pemilu,” kata Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar Ihfan saat dihubungi wartawan, Sabtu (20/4/2019).

Seperti diberitakan sebelumnya tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 di Kota Sukabumi naik cukup drastis dibandingkan tingkat partisipasi pada Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Serentak Tahun 2018 yang lalu. Menurut Asisten Sekda Kota Sukabumi Bidang Pemerintahan,  H. Andri Setiawan selaku Ketua Desk Pemilu Kota Sukabumi, kenaikan tingkat partisipasi diamaksud mencapai sekitar 7 persen.

Pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi tahun lalu, tingkat partisipasi pemilih mencapai 78 persen, sedangkan pada Pemilu tahun ini mencapai 85 persen. Rincian dari besaran tingkat partisipasi dapat diumumkan ke masyarakat ketika seluruh proses penghitungan hasil Pemilu di Kota Sukabumi telah selesai.

“Kami telah berkomitmen untuk membantu KPU dalam mensukseskan Pemilu 2019. Kantor kami membuka pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil di hari libur sampai menjelang Hari H Pemilu 2019,” kata Iskandar.

Sebelum hari pemungutan suara tiba, Disdukcapil Kota Sukabumi terus mengimbau warga yang berusia 17 tahun pada hari H Pemilu untuk memanfaatkan pelayanan perekaman data KTP. Iskandar juga memerintahkan jajarannya untuk tetap membuka pelayanan pembuatan KTP elektronik pada Hari H pencoblosan.

“Masyarakat sangat antusias menggunakan layanan yang dibuka oleh jajaran kami pada hari libur dan Hari H Pemilu. Hal ini berkat sosialisasi oleh aparatur pemerintah di wilayah termasuk media, baik cetak, elektronik, maupun online,” ujarnya.

Sementara itu Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kota Sukabumi, Ade Rosmana menambahkan, walau tidak mencapai target 100 persen perekaman data penduduk untuk pembuatan KTP elektronik dalam kaitan Pemilu 2019, jajarannya telah memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Disdukcapil buka pada hari libur  demi terwujudnya pelayanan tanpa batas waktu.

“Mungkin warga yang belum melakukan perekaman sedang sakit atau memiliki kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan. Kami telah memberikan pelayanan yang semaksimal mungkin kepada masyarakat dan akan terus ditingkatkan,” ujar Ade. (*)

Print Friendly, PDF & Email