Wakil Wali Kota Ingatkan Perintah Membaca pada Surat Al-Alaq

oleh -
Festival Literasi Sekolah yang diikuti para pelajar dari berbagai tingkatan sekolah di Kota Sukabumi diresmikan oleh Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami.

Wartawan YUS F. PURWASARI (PWI)

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami mengingatkan, untuk dapat mewujudkan kota literasi, masyarakat Kota Sukabumi harus selalu mengingat pembuka dari Surat Al-Alaq yang berbunyi ‘iqro’ atau bacalah. Ayat pertama yang diterima Nabi Muhammad SAW itu menunjukkan, ajaran Islam mewajibkan manusia untuk membaca.

“Tentu perintah ini harus dimaknai dalam arti yang luas, tidak hanya dalam arti harfiah untuk membaca tulisan saja tetapi juga membaca berbagai fenomena alam semesta,” kata Andri ketika meresmikan Festival Literasi Sekolah (FLS) di Gedung Juang 45, Rabu (20/3/2019).  

Membaca buku, ujar Andri, merupakan aktivitas yang amat penting. Di Indonesia, kegiatan membaca belum menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat. Diharapkannya festival yang diresmikannya dapat mendorong budaya membaca di masyarakat, terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa.

Apabila mencermati perjalanan bangsa-bangsa di dunia, lanjut dia, negara-negara yang kalah dalam Perang Dunia II mengalami kehancuran total. Tapi dalam waktu yang relatif singkat, negara-negara itu bangkit kembali dan menjadi bangsa yang maju dan disegani.

”Hal itu disebabkan bangsa tersebut maju dalam ilmu pengetahuan karena warganya gemar membaca. Pemkot Sukabumi mendorong warganya agar suka membaca supaya dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga menjadi pintar dan berwawasan luas,” kata wakil wali kota.

FLS diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusarda) setempat sebagai rangkaian HUT ke-105 Kota Sukabumi. Para pesertanya berasal dari kalangan pelajar tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, serta SLB se-Kota Sukabumi.

”Secara khusus saya ingin menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas penyelenggaraan kegiatan festival ini,” ujar Andri.

Andri menaruh perhatian khusus pada tema kegiatan FLS yakni ‘Membentuk Generasi Kreatif dan Inovatif dengan Cerdas Berliterasi untuk Mewujudkan Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman, dan Sejahtera”.

Untuk mewujudkan kota literasi, di Kota Sukabumi telah terbentuk Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB). Bersamaan dengan pembukaan FLS, GPMB Kota Sukabumi dilantik oleh pengurus provinsi.

Sementara itu Kepala Dispusarda Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu menjelaskan, FLS diisi dengan berbagai lomba antara lain lomba mendongeng tingkat SD/MI  dan lomba membuat jingle literasi sekolah untuk tingkat sekolah menengah.

”Kegiatan ini sebagai upaya pemda untuk meningkatkan budaya literasi di kalangan para pelajar. Kami harapkan jingle literasi sekolah dapat mendorong minat dan budaya baca di sekolah,” ujar Nicke. (*)

Print Friendly, PDF & Email