Bupati dan Para Pejabat Pemda Ramai-ramai Laporkan Pajak

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kanan) menyerahkan laporan pajak tahunan kepada Kepala KPP Pratama Sukabumi, Sutan Andi Gunawan Siregar di Palabuhanratu.

Wartawan USEP MULYANA (Kowasi)

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyerahkan secara langsung laporan pajak kepada Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sukabumi, Sutan Andi Gunawan Siregar di Setda Kabupaten Sukabumi, Jalan Siliwangi Nomor 10 Palabuhanratu, Rabu (20/3/2019). Pelaporan pajak tersebut dilakukan melalui sistem e-Filing.

Di tempat yang sama, Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri dan para pejabat Pemkab Sukabumi menyerahkan laporan pajaknya kepada Sutan. Pada kesempatan itu, bupati mengatakan, sistem pelaporan pajak melalui e-Filing dapat mempermudah masyarakat dalam menyampaikan laporan pajaknya.

“Dengan sistem e-Filing ini, laporan pajak bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Jadinya hemat waktu serta bukti pelaporan dapat disimpan lebih aman serta mudah dilacak,” kata Marwan seusai melakukan pengisian dan pelaporan pajak.

Pajak, ujar dia, memiliki peranan yang penting dan strategis dalam proses pembangunan bangsa. Pendapatan negara dari pajak digunakan untuk membangun negeri. Karena itu dia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melaporkan dan membayar pajak tepat waktu.   

“Bangsa kita membangun negeri dengan pajak. Dari pajak kita perpijak untuk Sukabumi lebih baik,” ungkapnya.  

Di tempat yang sama, Kepala KPP Pratama Sukabumi, Sutan Andi Gunawan Siregar menyampaikan, Pemkab Sukabumi memberikan dukungan pada sistem pelaporan pajak e-Filing. Dia mengapresiasi para pimpinan dan pejabat di lingkup Pemkab Sukabumi yang sangat antusias menyampaikan laporan pajaknya.  

“Alhamdulillah Pak Bupati, Pak Sekda, dan jajaran ASN  di Pemda Kabupaten Sukabumi telah melaporkan pajak dan memberikan contoh yang baik dalam menyampaikan SPT tahunannya,” kata Sutan.  

Diharapkan Sutan, pelaporan pajak yang dilakukan oleh para pejabat tersebut dapat mendongkrak tingkat kepatuhan masyararakat terhadap pajak. Sampai sekarang, ujar dia, di wilayah tugas KPP Pratama Sukabumi, tingkat kepatuhan masyarakat baru mencapai sekitar 52 persen dari besaran yang ditargetkan.   

“Untuk pajak badan, tingkat kepatuhannya telah menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Kami harapkan hal ini juga terjadi untuk pajak pribadi,” ucap Sutan.

Upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pajak, lanjut dia, khususnya di wilayah Kabupaten Sukabumi masih terkendala oleh kurangnya jangkauan jaringan internet. Karena itu, para petugas masih melakukan pelayanan secara manual berupa jemput bola terhadap wajib pajak dengan menggunakan mobil test unit atau melalui pos kantor pajak. (*)

Print Friendly, PDF & Email