Bupati: Jejaring Citynet Ikut Majukan Daerah

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (ketiga dari kanan) dan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami (keempat dari kanan) serta para bupati dan wali kota dari berbagai daerah pada Seminar Citynet di Kupang.

Wartawan Usep Mulyana 

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengatakan, kehadiran Citynet membawa dampak positif bagi kemajuan daerah, khususnya kota dan kabupaten yang menjadi bagian dari sistem jejarang tersebut. Citynet menunjang dan memberikan dampak yang bagus bagi pembangunan di daerah anggota masing-masing.

“Kami telah mendapatkan manfaat dari keanggotaan di Citynet. Program-program di Citynet memberikan kemajuan bagi pembangunan di daerah serta peningkatan kapasitas aparatur pemda,” kata bupati ketika dihubungi setelah mengikuti Seminar dan Sharing Best Practise Citynet Indonesia di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (19/10/2019).

Banyak pengalaman para bupati dan wali kota anggota Citynet yang berhasil mengembangkan daerahnya dibagikan kepada para anggota jejaring tersebut, ujar Marwan. Pengalaman dan keberhasilan tersebut dijadikan masukan oleh anggota untuk diterapkan di daerahnya masing-masing dengan beberapa penyesuaian.

Seminar Citynet Indonesia berlangsung selama tiga hari dari Rabu (16/10/2019) sampai dengan Jumat (18/10/2019). Kata ‘net’ pada Citynet tidak semata-mata berarti internet, tetapi berarti jejaring daerah yang sama-sama concern dalam pembangunan wilayah/daerah di bidang pelayanan masyarakat, kesejahteraan sosial, ekonomi, dan pembangunan masyarakat.

“Banyak gagasan yang dibahas dan dikembangkan dalam seminar tersebut antara lain kerja sama strategis dengan berbagai pihak,” tutur bupati.

Citynet adalah organisasi jaringan regional Asia Pasifik yang berdiri tahun 1987. Sampai sekarang jumlah anggota Citynet mencapai 130 kota dan kabupaten dari 20 negara di kawasan Asia Pasifik, termasuk Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi. Keanggotaan Citynet juga meliputi LSM internasional dan pemegang otoritas pembangunan.

Citynet mengkhususkan kegiatan dalam pembangunan perkotaan yang berkelanjutan (SDG’s) dengan fokus pada perubahan iklim, pengurangan risiko bencana, dan kegiatan pembangunan infrastruktur melalui kerja sama antarkota. 

“Salah satu program unggulan Citynet adalah smart city atau kota pintar. Kabupaten Sukabumi sudah menerapkan program tersebut, secara bertahap,” tutur Marwan. (*)

Print Friendly, PDF & Email