Bupati: BID, Referensi Pembangunan Desa

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyerahkan sertifikat Bursa Inovasi Desa kepada para kepala desa yang dinilai sukses mengembangkan inovasi dalam membangun desanya.

Wartawan Usep Mulyana

Bursa Inovasi Desa (BID) merupakan siklus penting dalam pelaksanaan program inovasi desa serta forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa. Selain itu, BID dapat dijadikan media belajar bagi masyarakat dan pemerintah desa untuk memperoleh referensi pendukung tentang pembangunan desa.

banner 970x90

Hal itu disampaikan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami ketika membuka BID Zona IV di Palagan Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Rabu (18/9/2019). Para kepala desa dan pemangku kepentingan, kata bupati, harus menjadikan BID sebagai referensi dalam merumuskan kebijakan pembangunan di desanya masing-masing.

“Pemkab Sukabumi mendukung pelaksanaan BID karena merupakan program strategis dalam upaya mewujudkan percepatan pemberdayaan masyarakat,” ujar Marwan.

Inovasi desa, lanjut bupati, merupakan perwujudan membangun desa berbasis potensi. Karena itu diharapkan inovasi desa dikembangkan melalui perencanaan yang matang dan  diputuskan bersama agar dapat diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan serta berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat. 

“Inovasi desa merupakan metode kreatif yang harus tetap disesuaikan dengan potensi dan kearifan budaya lokal agar daya dukung serta partisipasi masyarakat tetap tinggi.  Hendaknya program program inovatif desa dimasukkan di dalam hasil musrenbang tingkat desa dan pelaksanaannya di lapangan tetap dikawal,” ujar Marwan. 

Dalam tataran praksis, inovasi desa diimplementasikan di dalam prinsip one village one product. Dengan demikian, inovasi itu mendukung potesi unggulan desa masing-masing.

Pelaksanaan BID Zona IV melibatkan desa-desa yang ada di 10 kecamatan yaitu Bojonggenteng, Ciambar, Cibadak, Parungkuda, Nagrak, Cicurug, Cidahu, Parakansalak, Kabandungan, dan Kalapanunggal. Di tempat kegiatan tampak ratusan warga yang sangat antusias mengikuti program-program inovatif yang terkait dengan pemberdayaan masyarakat.

Pada kesempatan itu Bupati Sukabumi secara simbolis menyerahkan 2 sertifikat BID kepada Kepala Desa Berekah Kecamatan Bojonggenteng yang mengajukan program inovasi berjudul Limbah kayu Jadi Karya Seni dan dan Kepala Desa Parungkuda Kecamatan Parungkuda yang memiliki inovasi berjudul  Peta Tata Ruang Berbasis Kearifan Lokal Desa Parungkuda. (*)

Print Friendly, PDF & Email