Truk Sarjana Muda Bermuatan Bahan Bangunan Terguling di Poponcol Padabeunghar

oleh -
Truk bermuatan bata behel terguling di Kampung Poponcol, Desa Padabeunghar, Kecamatan Jampangtengah.

Wartawan Usep Mulyana

Truk bermuatan bahan bangunan bernomor polisi B 9432 PYW terguling di Kampung Poponcol, Desa Padabeughar, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, Rabu (19/8/2020) pagi. Mobil besar yang dikemudikan Sapri itu mengalami kecelakaan tunggal dalam perjalanan dari arah Kota Sukabumi menuju salah satu toko material bangunan di wilayah Jampangtengah.

banner 970x90

Tidak ada korban dalam peristiwa itu. Sopir dan awak truk hanya mengalami luka ringan. Mereka masih sanggup keluar dari dalam mobil yang terguling. Saksi mata di lokasi kejadian, Kasiman menyebutkan, ketika sedang menempuh medan yang sulit truk sarat muatan itu tiba-tiba oleng ke sebelah kanan dan langsung terguling.

Posisi truk terguling ke ke kiri. Roda kanannya terangkat ke atas. Bata behel di bagian belakang truk jatuh berhamburan di sekitar badan jalan. Truk yang di kaca depannya bertuliskan ‘Sarjana Muda’ itu dalam posisi tidak berdaya.   

“Kemungkinan truk tidak mampu menahan berat beban muatan. Apalagi kondisi jalan Poponcol terkenal rawan kecelakaan karena banyak tikungan tajam dengan batas kiri jalan yang sempit sehingga menyulitkan kendaraan berbadan lebar untuk melintas,” ujar Kasiman.

Setelah truk terguling, kondisi lalu lintas di sepanjang ruas jalan Poponcol dilanda kemacetan panjang.  Arus jalan terhalang karena proses evakuasi muatan truk. Sopir dan kondektur  dibantu warga setempat harus menurunkan terlebih dahulu bata hebel sebelum menyingkirkan badan truk yang melintang di tengah jalan.

“Sebelum mengevakuasi kendaraan, bata hebel harus diturunkan dulu untuk mengurangi berat kendaraan. Macet sudah pasti, tapi apa boleh buat, kendaaraan yang akan melintas harus bersabar. Kalau motor masih bisa melintas, meskipun lajunya merayap seperti kura-kura,” kata Kasiman.

Kejadian serupa juga pernah terjadi di ruas jalan Padabeunghar sekitar sebulan yang lalu. Waktu itu sebuah truk terguling dan menimpa kendaraan mini bus. Warga yang akan melintas di jalur Padabeunghar harus ekstra waspada agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas. (*)  

Print Friendly, PDF & Email