Kasus Covid-19 dan Pasien Sembuh Seimbang Berjumlah 5

oleh -

Wartawan Iyus Firdaus PWI   

Dari tujuh kecamatan di Kota Sukabumi, dua kecamatan yakni Warudoyong dan Citamiang bebas dari pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Berdasarkan data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Sukabumi pada Rabu (19/8/2020), jumlah pasien baru yang positif Covid-19 berjumlah 5 orang.

banner 970x90

Para pasien itu masing-masing 1 orang berasal dari Kelurahan Baros dan Kelurahan Jayaraksa Kecamatan Baros, Kelurahan Salabatu dan Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole, dan Kelurahan Karamat Kecamatan Gunungpuyuh. Semua pasien merupakan penduduk dewasa. Kecuali pasien dari Kelurahan Jayaraksa, mereka berjenis kelamin laki-laki.  

“Pasien terkonfirmasi Covid-19 ini diketahui dari hasil tracing dari kasus sebelumnya. Jadi mereka telah diisolasi selama 14 hari dan menjalani swab test sebelum dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Juru Bicara GTPP Covid-19 Kota Sukabumi, dr. Wahyu Handriana.

Para pasien itu, ujar Wahyu, telah melewati masa inkubasi Virus Corona selama 14 hari. Ada kemungkinan, kata dia, selama masa inkubasi itu, pasien menularkan Virus Corona kepada orang lain.   

Di sisi lain, bersamaan dengan diketemukannya pasien baru, 5 pasien yang telah menjalani perawatan di rumah sakit dinyatakan telah sembuh. Mereka diperbolehkan meninggalkan rumah sakit.

“Karena pasien baru dan pasien sembuh sama-sama lima orang, jumlah pasien yang masih dirawat di rumah sakit sama dengan kemarin yakni 14 orang,” jelas Wahyu.

Sampai sekarang, total kasus pasien positif Covid-19 mencapai 117. Dikurangi pasien yang masih menjalani perawatan, jumlah keseluruhan pasien yang dinyatakan sembuh mencapai 103 orang.  

Untuk kasus suspect atau terduga Covid-19, jumlahnya bertambah 1 dari 98 menjadi 99 kasus. Dari jumlah tersebut, 96 orang masih menjalani isolasi. (*)

Print Friendly, PDF & Email