Kasi Intel Ceramah Tupoksi Kejaksaan di Pesantren Al-Fath

oleh -
Ceramah seputar tugas pokok dan fungsi kejaksaan oleh Kasi Intel Kejari Kota Sukabumi, Bobon Robiana di Pesantren Al-Fath.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Kota Sukabumi, Bobon Robiana bersama jajaran menyelenggarakan silaturahmi dan ceramah seputar tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kejaksaan di Pesantren Dzikir Al-Fath di Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Rabu (19/8/2020).

banner 970x90

Kegiatan ceramah diikuti 40 santri Pesantren Al-Fath dan pelajar dari beberapa sekolah yang bernaung di bawah pesantren tersebut. Acara dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Ceramah dilangsungkan di aula Pesantren Al-Fath dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan mengenakan masker.

“Kami memiliki program Jaksan Masuk Sekolah atau JMS dan Jaksa Masuk Pesantren atau JMP. Kegiatan ini merupakan bagian dari program tersebut,” kata Bobon setelah menyampaikan ceramah.  

Materi ceramah, ujar dia, diarahkan agar para pejara dan santri lebih mengenal kejaksaan dan tupoksinya. Ceramah disampaikan dalam bahasa yang lugas dan sederhana supaya dapat dimengerti oleh para santri dan pelajar.

Bobon sangat piawai menggunakan kalimat-kalimat sederhana untuk menyampaikan tugas jaksa sebagai penuntut umum dan pengacara negara.  

“Kami juga menjelaskan perkara tindak pidana umum yang ditangani oleh Kejari Kota Sukabumi dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2020 untuk membandingkan kasus tindak pidana narkotika yang terus bertambah dari tahun ke tahun,” jelasnya.

Ceramah tentang narkotika bertujuan agar para pelajar dan santri lebih mengenal bahaya narkotika dan ancaman hukuman bagi pelaku tindak pidana narkotika. Bobon juga menerangkan tindak pidana yang disebabkan oleh kenakalan remaja

Rombongan Jaksa Bobon secara resmi diterima oleh Pimpinan Pondok Pesantren Dzikir Al-Fath KHM Fajar Laksana beserta pengurus pesantren dan sekolah. (*)

Print Friendly, PDF & Email