Bupati: Arah Kiblat Penting untuk Menjamin Ketenangan dalam Shalat

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyerahkan hasil kalibrasi arah kiblat kepada Ketua MUI Kecamatan Cibadak, H. Hendar Irawan.

Wartawan Aep Saepudin  

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyatakan, arah kiblat dapat menjamin ketentangan dan kenyamanan saat melaksanakan ibadah shalat. Dengan demikian, kata bupati, arah kiblat yang tepat menjadi hal yang urgen bagi umat Islam. Salah satu cara untuk menentukan arah kiblat yang akurat adalah dengan kalibrasi arah kiblat.

banner 970x90

Pernyataan bupati itu disampaikan pada acara penyerahan sertifikat arah kiblat masjid dan mushola se-Kecamatan Cibadak di aula Pesantren Al-Mansyuriah, Karangtengah, Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Selasa (18/8/2020).

“Pada dasarnya kiblat adalah arah yang menyatukan segenap umat Islam dalam pelaksanaan ibadah sholat. Karena itu ketetapan arah kiblat menjadi urgen dan sangat penting,” kata bupati.  

Kalibrasi arah kiblat merupakah hasil kerja sama Pemkab Sukabumi dengan Kementerian Agama. Selama ini, ujar Marwan, Pemkab Sukabumi menaruh perhatian khusus pada kalibrasi arah kiblat dan dilakukan secara berkelanjutan.

“Kalibrasi masjid sesuai ilmu falak bisa menjawab persoalan arah kiblat. Dalam ibadah sholat, kita harus menghadap kiblat. Hal inilah yang membuat kami mendorong Kemenag untuk bisa memberikan pencerahan dan keyakinan dalam pelaksanaan sholat melalui kalibrasi arah kiblat,” tutur bupati.

Bersama Kemenag, lanjut Marwan, Pemkab Sukabumi juga mengimbau pengurus DKM untuk melakukan kalibrasi jam sebagai penanda waktu shalat. Jam digital, kata dia, harus menjalani kalibrasi tiap enam bulan sekali agar akurat dan tepat.

Selanjutnya bupati menyerahkan sertifikat kalibrasi arah kiblat kepada Ketua MUI Kecamatan Cibadak, H. Hendar Irawan. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ketua MUI Kabupaten Sukabumi, DR. KH. A. Komarudi, M.Ag. (*)

Print Friendly, PDF & Email